28 Mar 2022
  Superadmin Berita,

2025, DIY Jadi Tujuan Wisata Terkemuka Asia Tenggara

Yogyakarta (28/03/2022) jogjaprov.go.id - Mewujudkan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai daerah tujuan wisata terkemuka di Asia Tenggara merupakan visi kepariwisataan DIY hingga tahun 2025. Adapun pemusatan perhatian kepariwisataan Daerah Istimewa Yogyakarta adalah pariwisata yang berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X dalam acara Penyerahan Penghargaan Lomba Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Desa Kampung Wisata, dan Homestay Tingkat DIY Tahun 2022 di Pendopo Agung, Royal Ambarrukmo Hotel, Depok, Sleman, Yogyakarta pada Senin (28/03). Hadir mendampingi Sri Paduka, Asisten Sekda DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Tri Saktiyana.

Membacakan sambutan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Sri Paduka menuturkan sektor pariwisata merupakan salah satu pilar pembangunan yang memberi andil besar untuk memacu pertumbuhan ekonomi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan sektor pariwisata juga memberikan multiplier effect terhadap sektor-sektor lainnya.

Sri Paduka atas nama Pemerintah Daerah DIY menyampaikan terima kasih sekaligus mengapresiasi kesediaan para peserta lomba atas partisipasi aktif dalam upaya-upaya pengembangan kepariwisataan Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih lanjut, Sri paduka mengatakan, penyerahan penghargaan ini adalah indikasi sekaligus juga bukti semakin besarnya peran masyarakat bahwa kolaborasi dan kemitraan yang baik antar pemerintah dan masyarakat adalah hal yang bukan saja memungkinkan untuk dilaksanakan melainkan juga strategis untuk diupayakan, dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

“Kepada penerima penghargaan saya ucapkan selamat. Ini adalah buah kerja keras dan ketekunan saudara-saudara semua. Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk terus menjadi yang terbaik serta dapat memberikan kontribusi yang optimal demi kemajuan Pariwisata Indonesia,” ucap Sri Paduka.

Pada kesempatan ini, Sri Paduka menyerahkan penghargaan secara langsung kepada 6 pemenang lomba kategori Homestay tingkat DIY tahun 2022 yang terdiri dari pemenang Juara I hingga Juara Harapan III. Para pemenang lomba Homestay tingkat DIY tahun 2022, antara lain Juara I Homestay Joglo Mbah Nilik, Kabupaten Kulon Progo; Juara II Homestay Bapak Pomo, Kabupaten Bantul; Juara III Arumdalu Homestay, Kabupaten Kulon Progo. Lebih lanjut, Juara Harapan I Sutrisno Homestay, Kabupaten Kulon Progo; Juara Harapan II Omah Glagahsari Homestay, Kota Yogyakarta; dan Juara Harapan III Dewi 01 Griya Sadiyo Homestay, Kabupaten Gunungkidul.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo dalam laporannya menyampaikan bahwa latar belakang penyelenggaraan Lomba Pokdarwis, Desa Kampung Wisata, dan Homestay Tingkat DIY Tahun 2022 ini yakni demi mendorong desa wisata untuk bisa menjadi destinasi pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan serta sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional yang menjadi ikon baru pariwisata pasca pandemi berbasis alam dan budaya. Pengembangan desa wisata sebagai pariwisata berbasis masyarakat didukung dengan Pokdarwis sebagai penggerak Sapta Pesona dan masyarakat yang Sadar Wisata.

“Pemerintah Daerah DIY melalui Dinas Pariwisata DIY yang didukung Dana Keistimewaan melakukan Lomba Pokdarwis, Desa/Kampung Wisata, dan Homestay Tingkat DIY Tahun 2022 berkolaborasi secara pentahelix antar stakeholder pariwisata, yaitu, pemerintah, akademisi, praktisi/asosiasi, komunitas, dan media,” ujar Singgih.

Dikatakan Singgih, tujuan penyelenggaraan lomba ini sebagai upaya pembinaan, pendampingan dan evaluasi terhadap Pokdarwis, Desa/Kampung Wisata, dan Homestay berdasarkan standar CBT ASEAN, Panduan Pengelolaan Desa Wisata serta indikator penerapan Sapta Pesona dan Sadar Wisata di daya tarik wisata dan destinasi wisata. Selain itu, juga sebagai respon dan tindaklanjut terhadap Peraturan Gubernur DIY Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pokdarwis dan Desa/Kampung Wisata dalam rangka mewujudkan desa wisata dan destinasi wisata DIY yang terkemuka di Asia Tenggara.

Adapun peserta pada lomba Pokdarwis, Desa Kampung Wisata, dan Homestay Tingkat DIY Tahun 2022 ini terdiri dari 15 peserta Pokdarwis, 15 peserta Desa/Kampung Wisata, dan 15 peserta Homestay dari 5 kabupaten/kota terbaik atau unggulan diusulkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota. Sementara itu, waktu penilaian seleksi administrasi, verifikasi, dan kunjungan lapangan oleh Tim Juri dilaksanakan pada Februari – Maret 2022.

“Sebagai bagian dari kolaborasi, maka Tim Juri Lomba Pokdarwis, Desa/Kampung Wisata, dan Homestay terdiri dari Dinas Pariwisata DIY, Akademisi, Badan Promosi Pariwisata DIY, DPD GIPI DIY, DPD IHGMA DIY, Media, Penggiat Pariwisata, Forkom Desa Wisata DIY, dan Forkom Pokdarwis DIY,” jelas Singgih.

Penghargaan diberikan kepada 6 pemenang, meliputi Juara I sampai dengan Juara Harapan III untuk setiap kategori lomba, baik Pokdarwis, Desa/Kampung Wisata, maupun Homestay. Sejumlah hadiah yang diberikan berupa Trofi, Sertifikat, dan Uang Pembinaan dengan total sebesar Rp 176.000.000.

Para pemenang lomba kategori Desa/Kampung Wisata Tingkat DIY Tahun 2022, antara lain Juara I Desa Wisata Pancoh, Kabupaten Sleman; Juara II Desa Wisata Karangasem, Kabupaten Bantul; Juara III Desa Wisata Widosari, Kabupaten Kulon Progo. Lebih lanjut, pemenang Juara Harapan I Desa Wisata Purwosari, Kabupaten Kulon Progo; Juara Harapan II Desa Wisata Kajii (Kadisoro Nyawiji Dadi Siji), Kabupaten Bantul; dan Juara Harapan III Kampung Wisata Kali Gajah Wong, Kota Yogyakarta.

Pada kategori Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tingkat DIY Tahun 2022 para pemenang lomba, antara lain Juara I Pokdarwis Srimulyo Gerbang Madu, Kalurahan Srimulyo, Kabupaten Bantul; Juara II Pokdarwis Almira, Kalurahan Sumbermulyo, Kabupaten Bantul; Juara III Pokdarwis Tirta Kencana, Kalurahan Candirejo, Kabupaten Gunungkidul. Lebih lanjut, pemenang Juara Harapan I Pokdarwis Dewi Sari, Kalurahan Guwosari, Kabupaten Bantul; Juara Harapan II Pokdarwis Rejowinangun, Kelurahan Rejowinangun, Kota Yogyakarta; dan Juara Harapan III Pokdarwis Pesona Menoreh, Kalurahan Sidoharjo, Kabupaten Kulon Progo.

Turut hadir dalam acara tersebut, GKR Bendara, para Bupati se-DIY atau yang mewakili, Kepala Dinas Pariwisata kabupaten/kota DIY, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY, Pimpinan BPD DIY, Ketua Indonesian Hotel Manager Association DIY, para Ketua Desa/Kampung Wisata kabupaten/kota se-DIY, dan tamu undangan lainnya. (Han)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: