21 Apr 2022
  Administrator Berita,

5 Perempuan Hebat Dari DIY Terima Penghargaan Dari Pusat


Yogyakarta (21/04/2022) jogjaprov.go.id – Mewakili Ibu Negara RI Iriana Joko Widodo, Wagub DIY KGPAA Paku Alam X menyerahkan penghargaan bagi perempuan berjasa dan berprestasi di daerah. Pemerintah Pusat memberikan penghargaan bagi 514 perempuan di seluruh Indonesia, dan 5 di antaranya adalah perempuan hebat dari DIY.


Penghargaan tersebut disampaikan Sri Paduka pada Kamis (21/04) di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta kepada para penerima. Penghargaan diserahkan pada puncak acara Peringatan Hari Kartini ke-144 tahun 2022 yang dilakukan serentak di Indonesia, dengan dipimpin langsung oleh Ibu Negara secara daring dari Istana Negara, Jakarta.


Sekti Rohani dari Kulon Progo menerima penghargaan bidang sosial budaya. Tuminah dari Bantul mendapat penghargaan bidang Lingkungan Hidup sedangkan Warti dari Gunung Kidul mendapat penghargaan di bidang pertanian. Susi Ediwoto Farid dari Sleman menerima penghargaan di bidang pendidikan dan terakhir Agustina Sriwaningsih dari Yogyakarta menerima penghargaan bidang kesehatan.


Iriana mengatakan, RA Kartini menjadi inspirasi bagi perempuan masa kini untuk berprestasi dan berjasa pada profesinya masing-masing baik skala nasional maupun internasional. Peringatan Hari Kartini tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun berkat kerja keras para Kartini masa kini, kondisi pandemi di Indonesia dapat dikendalikan dengan baik.


“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kerja dan tenaga kesehatan perempuan dan seluruh warga Indonesia yang telah berjuang mengatasi pandemi di tanah air. Peran perempuan Indonesia sangat diharapkan untuk berkontribusi mendorong pemulihan akibat pandemi hal ini merupakan potensi besar guna mempercepat pemulihan dan bahkan meningkatkan perekonomian,” ungkap Iriana.


Pemerintah menurut Iriana akan terus berkomitmen memberi peluang sebesar-besarnya kepada perempuan Indonesia untuk berkarya dan memaksimalkan potensinya di segala sektor. Perempuan-perempuan bisa berkontribusi dengan prestasi dan dedikasinya kepada negara. Hal itulah yang mendasari negara memberikan penghargaan kepada 514 orang perempuan di seluruh Indonesia. Jumlah ini sama dengan jumlah kabupaten/kota di Indonesia.


Menurut Ibu Negara, penerima penghargaan dibagi menjadi 5 kategori. Pendidikan, Kesehatan, Sosial Budaya, Lingkungan Hidup dan Pertanian. 115 perempuan menerima penghargaan di bidang pendidikan, 99 perempuan menerima penghargaan bidang kesehatan, 102 orang di bidang sosial budaya, 99 orang pada biang lingkungan hidup, dan 99 orang perempuan pada bidang pertanian.


“Ini menjadi bukti bahwa perempuan juga bisa berjasa, bisa berprestasi dan bisa berkontribusi bagi masyarakat di sekitarnya. Saya berharap perempuan tetap semangat, yang muda, yang tua tanpa halangan untuk berprestasi,” tutup Iriana. (uk)


Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: