01 Feb 2019

PHDI DIY Persiapkan Kegiatan Hari Raya Nyepi 2019

Yogyakarta (01/02/2019) jogjaprov.go.id – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima audiensi Panitia Perayaan Hari Raya Nyepi di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Pada Jumat (01/02) pagi. Audiensi dilakukan untuk melaporkan rencana penyelenggaraan peringatan Hari Raya Nyepi tahun 2019.

Dalam audiensi tersebut Ketua Parisada Hindu Dharma DIY Ida Bagus Agung, MT, menyampaikan, laporan persiapan pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941 Tahun 2019 yang dilakukan bersama-sama  dengan panitia dari Jakarta Pusat.

“Kedatangan kami ini juga sekaligus memohon doa, tuntunan, arahan, dan nasehat dari Ngarsa Dalem karena pelaksanaaan Hari Raya Nyepi dengan seluruh rangkaian ini bersamaan dengan persiapan pelaksanaan Pilpres. Terutama untuk kegiatan Hari Raya Tawur Kesanga yang nanti tanggal 6 Maret, kami laksanakan di Candi Prambanan dan tingkatnya nasional,” kata Ida Bagus.

Dalam pertemuan ini, Ida Bagus menyampaikan, persiapan Hari Raya Nyepi 2019 sudah dimulai karena terdapat ritual-ritual yang harus dilakukan sebelum peringatan puncak. Pusat kegiatan persiapan sendiri dilakukan di Pura Jagatnatha, Banguntapan, Bantul.

“Panitia sudah melaksanakan banyak kegiatan karena kita ada ritualnya. Ritual-ritual sudah dimulai  dari dua minggu yang lalu. Kegiatan pun sudah dipusatkan, dan kami sudah persiapan pula untuk membuat ogoh-ogoh yang akan dipakai dalam  pawai budaya nantinya," imbuhnya.

Ida bagus juga menuturkan, Ngarsa Dalem memberi tanggapan sangat mendukung dan mengapresiasi rencana kegiatan peringatan Hari Raya Nyepi 2019. Apalagi kegiatan peringatan tersebut sudah menjadi kegiatan rutin tahunan, meski memang tahun ini diselenggarakan baru untuk kedua kalinya.

“Selain itu, kegiatan Melasti atau Labuhan Segara yang akan dilaksanakan di Pantai Parangkusumo,  kami juga akan menambah satu kegiatan yang bernama Giri Kerti. Kegiatan ini untuk mengharmoniskan jagat, berkaitan dengan Gunung Merapi, sehingga akan dilaksanakan di Selo Tumpang, Kaliurang. Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan baik karena ini adalah ritual, untuk keharmonisan DIY dan sekitarnya,” papar Ida Bagus.

Audiensi hari ini juga diikuti Ketua Panitia Hari Raya Nyepi 2019, Made Astra Tanaya bersama Sekretaris PHDI Pusat, Ir. Ketut Parwata . (*/ip)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: