14 Mar 2019
  Humas Berita,

HUT Sat Pol PP dan Sat Linmas Jadi Momentum untuk Lebih Baik

Bantul (24/03/2019) jogjaprov.go.id – Setelah melalui rangkaian acara HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Limnas), Sat Pol PP DIY menggelar upacara puncak memperingati HUT ke-69 Sat Pol PP dan HUT ke-57 Sat Limnas, Kamis (14/03) di Lapangan Trirenggo, Bantul.

Hadir sebagai inspektur upacara, Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Ir. Gatot Saptadi sekaligus membacakan sambutan Mendagri Tjahjo Kumolo. Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa Hari Ulang Tahun atau HUT yang digelar oleh Satpol PP dan Linmas ini dimaksudkan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekat untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik.

Sat Pol PP dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat. Sat Linmas dibentuk untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketentraman ketertiban dan keamanan serta membantu pertahanan negara.

“Sat Pol PP dan Sat Linmas bukanlah penjaga kota yang pasif, tetapi lebih dari itu, harus ikut dalam peran aktif pembangunan dan perlindungan masyarakat agar tujuan peningkatakan kesejahteraan masyarakat tercapai,” ujar Sekda DIY.

Terkait dengan hal tersebut Sat Pol PP dan Sat Linmas dihimbau untuk  bisa meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung ideologi Pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa, mnegutamakan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan, dalam upaya mewujudkan ketentraman umum serta perlindungan masyarakat.

Dalam upacara yang diikuti oleh setidaknya 1200 personil Sat Pol PP dan Sat Linmas serta turut dihadiri oleh pejabat Forkopimda DIY ini disampaikan bahwa Sat Pol PP dan Sat Linmas harus bisa melakukan penguatan kapasitas kelembagaan, sumber daya aparatur, kapasitas sarana dan prasarana penunjang, serta alokasi anggaran yang memadai bagi pencapaian target standar pelayanan minimal dengan mempedomani Permendagri yang berkaitan dengan penyusunan RKPD dan APBD.   

Upacara puncak HUT ke-69 Sat Pol PP  dan HUT ke-57 Sat Linmas ditutup dengan pemotongan tumpeng syukuran yang dilakukan oleh Sekda DIY dengan didampingi oleh Bupati Bantul H. Suharsono, serta Wakil Ketua DPRD DIY Arief Noor Hartanto dan diserahkan kepada Kasatpol PP DIY Noviar Rahmad.

Setelah upacara selesai, dilakukan juga pemusnahan miras hasil sitaan Sat Pol PP DIY yang dipimpin oleh Sekda DIY, Kejati Bantul, Polres Bantul, serta Kasat Pol PP dan disaksikan seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut. (uk)

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: