14 Jul 2023

76 Tahun Berkiprah, Koperasi Harus Adaptif dan Berdaya Saing

Yogyakarta (14/07/2023) jogjaprov.go.id - Koperasi selama 76 tahun telah berkiprah dan memberikan kontribusi yang luar biasa dalam perekonomian maupun kehidupan sosial masyarakat di Tanah Air, termasuk DIY. Tercatat sebanyak 1.677 Koperasi aktif yang mewadahi 724.492 anggota di DIY saat ini. Dalam perkembangannya, Koperasi yang masih aktif harus maju, adaptif dan berdaya saing di era yang terus berubah.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi menyampaikan Koperasi bukan hanya menjadi sarana untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya tetapi sebagai wahana membangun solidaritas, keadilan dan kebersamaan. Terlebih pada Peringatan Hari Koperasi ke-76 bertema 'Pemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat' kali ini menjadi momen istimewa bagi gerakan Koperasi di Tanah Air.

"Kita semua jadikan momen ini sebagai titik awal menggerakkan kembali semangat kolaborasi dan inovasi dalam gerakan Koperasi. Mari bersama-sama membangun Koperasi yang maju, adaptif dan berdaya saing di era yang terus berubah," ujar Siwi disela-sela Jalan Sehat Bersama Koperasi memperingati Hari Koperasi (Harkop) ke-76 di Balai Layanan Bisnis UMKM DIY atau Teras Malioboro I, Jumat (14/07/2023).

Sekitar 500 orang antusias mengikuti Jalan Sehat Koperasi yang dibuka oleh Asekda Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY Tri Saktiyana. Turut hadir Ketua Komisi B DPRD DIY Andriana Wulandari dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY Erlina Hidayati.

Siwi meyebut kegiatan tersebut menjadi momen yang tepat untuk memperkuat semangat dan komitmen terhadap gerakan Koperasi. Melalui gerakan Koperasi, dapat menyatukan langkah, mempererat hubungan antar anggota dan berbagai pengalaman, pengetahuan dalam pengembangan Koperasi. Acara ini pun bukan perayaan semata, tetapi langkah nyata meningkatkan peran koperasi dalam pembangunan ekonomi dengan semangat gotong royong dan kerja sama yang kuat dapat mencapai tujuan bersama.

" 76 tahun adalah waktu yang panjang, kami mengajak Koperasi terus berinovasi, berkolaborasi dan beradaptasi sehingga berperan serta dalam mendukung pembangunan perekonomian di Tanah Air. Selain itu, peringatan Harkop ini sekiranya mampu dijadikan sebagai wahana ekspose keberhasilan tumbuh kembang koperasi di DIY," tuturnya.

Dinas Koperasi dan UKM DIY menggelar rangkaian kegiatan Harkop yang diperingati setiap tanggal 12 Juli berupa Gebyar Koperasi Istimewa dan Jalan Sehat Bersama Koperasi bersama para pelaku koperasi di seluruh wilayah DIY. Jalan Sehat Bersama Koperasi ini didukung Forum K3 Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY, Taman Wisata Candi (TWC) Yogyakarta dan SGM dengan menghadirkan layanan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis. Acara ini dimaksudkan mensinergikan antar Dinas Koperasi di seluruh DIY dengan Koperasi maupun pihak terkait lainnya.

Kepala Balai Layanan Bisnis dan UMKM DIY Hellen Phornica menambahkan kegiatan ini diharapkan juga mampu mengenalkan potensi Teras Malioboro secara umum ataupun khusus kepada para pelaku Koperasi DIY yang ke depan bisa menjalin kerjasama sesuai spesifikasi koperasi yang dimiliki peserta. Selain itu, bisa mendekatkan dengan Koperasi Temadji binaan pengelola Teras Malioboro.

" Meskipun gerimis, tidak menyurutkan peserta mengikuti Jalan Sehat Bersama Koperasi Acara ini. Acara ini justru menjadi momentum yang baik dalam kegiatan kebersamaan para pelaku koperasi di DIY," pungkas Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi dan UKM DIY Setyo Hastuti. (Fn/Sd/Im)

-HUMAS DIY-

Bagaimana kualitas berita ini: