19 Mar 2019

Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) Siap Beroperasi

Yogyakarta (19/03/2019) jogjaprov.go.id - Salah satu fasilitas publik yang sebentar lagi dapat dinikmati oleh masyarakat Yogyakarta dan siapapun yang bertandang ke Yogyakarta adalah Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). Soft launching Bandara NYIA yang terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan April 2019.

Falla Rhomeka, Communication & Legal Manager Bandara NYIA, mengatakan bahwa pembangunan bandara NYIA ini telah mencapai angka 82% untuk tahap minimum operation. Hal tersebut disampaikannya dalam pertemuan dengan tim Humas Pemda DIY pada Senin (18/3) di Kantor Pelaksana Angkasa Pura (AP) 1, Kulon Progo. ”Saat ini runway dan taxiway sudah siap. Untuk gedung terminal dan bangunan lainnya sedang dalam tahap penyelesaian,” papar Falla.

Saat soft launching yang direncanakan pada April mendatang, Falla menambahkan bahwa bangunan terminal penumpang yang sudah dapat beroperasi adalah terminal di east wing dengan empat garbarata. Adapun luas terminal yang dapat difungsikan baru sekitar 12.000 m2 dari total luas seluruhnya yakni 210.000 m2. “Terdapat pula fasilitas masjid yang juga sudah dapat dimanfaatkan oleh publik. Pembangunannya sudah 100% selesai tinggal penataan interiornya saja,” jelasnya.

Bandara NYIA yang memiliki panjang runway 3.250 m ini didesain dengan konsep eco friendly dan mengedepankan konsep kearifan lokal. Seperti misalnya menghadirkan ornamen Batik Kawung yang merupakan motif batik asli Jogja. Ornamen tersebut merupakan elemen terbesar pada setiap desain interior ruang bandara termasuk pada atap terminal penumpang yang terdiri dari tiga lantai. Selain itu, dihadirkan pula nuansa jalan Malioboro dan Taman Sari yang identik sebagai ikon Yogyakarta. “Kami juga turut menghadirkan nuansa lima desa yang terdampak akibat pembangunan bandara. Pengaplikasiannya dilakukan pada lima gate keberangkatan, sebuah bentuk apresiasi kami,” tukas Falla berujar.

Jam operasional bandara nantinya sementara menyesuaikan dengan jadwal maskapai yang telah beroperasi di Bandara NYIA. “Saat dibuka, penerbangan melalui Bandara NYIA sementara khusus untuk destinasi internasional dengan maskapai Air Asia dan Silk Air, pindahan dari Terminal B Bandara Adisutjipto. Sehingga, jam operasional bandara NYIA akan mengikuti jadwal kedua maskapai tersebut yakni pukul 06.00-18.00,” imbuhnya. Seluruh rute penerbangan untuk destinasi dalam negeri masih dilakukan di Bandara Adisutjipto hingga Desember 2019. Sedangkan akses menuju dan dari bandara, Kementerian PUPR saat ini masih melakukan penyelesaian jalan bawah tanah (underpass) untuk akses kereta api. “Akses untuk menuju dan dari Bandara NYIA baru bisa ditempuh menggunakan transportasi jalan darat,” tutupnya. [*/vin]

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: