23 Mar 2019
  Humas Berita, Pendidikan,

Institut Teknologi Yogyakarta Luluskan 142 SDM Berkualitas

Sleman (23/03/2019) jogjaprov.go.id – Salah satu dari tiga pilar utama dalam pembangunan DIY adalah pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut maka Lembaga Pendidikan Tinggi harus selalu berusaha meningkatkan kualitas mutu pendidikan. “Salah satu misi RPJPD 2005-2025 adalah mewujudkan pendidikan berkualitas, berdaya saing, dan akuntabel yang didukung sumber daya pendidikan yang handal,” ujar Wakil Gubernur DIY.

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, menyampaikan hal tersebut dalam acara Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) Periode 8 Tahun 2019 pada Sabtu (23/03) di Sahid Jaya Hotel, Sleman, DIY.  Paku Alam X menyampaikan kebanggaannya terhadap ITY yang menepati komitmennya terhadap pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Menurut Wagub DIY sekaligus Pembina Yayasan Lingkungan Hidup DIY itu, kegiatan wisuda ini adalah bukti bahwa ITY telah menghasilkan lulusan sarjana teknik lingkungan yang berkualitas, yang diharapkan mampu membawa perbaikan terhadap pengelolaan lingkungan hidup khususnya dalam upaya perlindungan dan konservasi serta rehabilitasi alam lingkungan yang lestari, serasi, selaras, dan seimbang, guna menunjang terlaksananya pembangunan berkelanjutan.

"Selamat berbahagia kepada para wisudawan-wisudawati yang telah berhasil lulus S-1 dan S-2,  juga selamat kepada ITY yang kembali berhasil mencetak dan mempersiapkan SDM yang kompeten dan kredibel, semoga lebih maju dan berkembang,” tutur Paku Alam X.

Sementara itu Rektor ITY, Prof. Dr. Ir. H. Chafid Fandeli, menyampaikan bahwa ITY selalu berusaha mengembangkan inovasi ilmu pengetahuan lingkungan berikut elemen-elemennya yaitu kelautan, pertambangan, energi dan indsutri. Selain itu pula Chafidz mengutarakan bahwa ITY terus mengembangkan teknologi pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam sehingga dapat menghadirkan teknologi yang efisien.

Chafidz menyampaikan pula bahwa untuk wisuda periode ini, ITY melepas sejumlah 129 sarjana lulusan S-1, dan 13 orang sarjana lulusan S-2 atau Magister. ITY yang berdiri sejak Tahun 1986 ini memiliki alumni sejumlah hampir 4.250 orang alumni yang sekitar 85 persen bekerja sebgai birokrat di Pemerintah Kabupaten, Kota, Provinsi, dan juga di Pemerintah Pusat serta beberapa lembaga Internasional. Acara wisuda ini turut dihadiri Kepala Lembaga Layanan Dikti, Ketua dan Anggota Majelis Guru besar ITY, Ketua dan Anggota Senat Akademik ITY, Ketua dan Anggota Yayasan YLH, dan para alumni.

“Hari ini kami serahkan kembali putra-putri bapak ibu sekalian, jalan masih panjang semoga sukses dan selamat mengabdi kepada masyarakat,” tutup Chafidz. (uk)

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: