28 Mar 2019

Dermaga TPST Piyungan Siap Beroperasi Jumat (29/3)

Yogyakarta (27/03/2019) jogjaprov.go.id - Pemda DIY saat ini tengah berupaya menyelesaikan permasalahan sampah di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) yang berlokasi di Piyungan, Bantul. Menyoroti hal tersebut, Sekretaris Daerah DIY, Ir. Gatot Saptadi menuturkan, pihaknya dan jajaran terkait tengah berupaya memberikan solusi tercepat untuk permasalahan ini. “Saat ini Pemda DIY tengah menyediakan dermaga yang ditempatkan di lokasi lebih awal dari dermaga yang sekarang. Dermaga direncanakan akan bisa beroperasi mulai Jumat (29/3) pagi,” ujar Gatot usai meninjau langsung kondisi TPST Piyungan pada Selasa (26/03) lalu. 

Gatot menambahkan, menilik urgensi, pihaknya akan terlebih dulu memperluas satu dermaga lama menjadi 12 meter dan menyediakan satu dermaga baru seluas 12 meter. Dengan luas tersebut, dermaga ini nantinya akan dapat menampung dua truk sampah sekaligus. “Pembangunannya juga telah sesuai dengan kesepakatan warga dan tim yang mengerjakan karena dari pihak ketiga,” tambah Gatot. 

Sekda DIY menambahkan, walaupun masih bersifat sementara, penanganan masalah ini secara permanen juga tentunya sudah dipikirkan. “Kalau untuk itu, saya serahkan ke teman-teman instansi teknis. Kan sudah ditentukan juga di APBN, saya tidak mau mengubah rancangan infrastruktur yang sudah ada. Setahu saya PU juga bisa menanggulangi dengan taludnya atau misalnya jalan dari LHK,” jelas Gatot.

Selain penanganan teknis, Gatot menuturkan bahwa dalam jangka panjang, akan dilakukan pula pemanfaatan lahan untuk kebutuhan TPST Piyungan. ”Nantinya, lahan seluas 1700 m2 yang ada di sebelah atas TPST, akan dimanfaatkan untuk perluasan,” ujar Gatot. Konsep perluasan ini nantinya akan masuk ke konsep KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha), termasuk segala pemanfaataannya atau terkait teknologi pengolahan sampahnya. “Yang penting sekarang adalah penanganan kondisi mendesak,” pungkas Sekda DIY. [*/vin]

Bagaimana kualitas berita ini: