07 Apr 2019

Sri Sultan Resmi Menutup Pameran Naskah Keraton Yogyakarta

Yogyakarta (06/04/2019) jogjaprov.go.id - Pameran Naskah Keraton Yogyakarta 'Merangkai Jejak Peradaban Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat' yang telah berlangsung sejak Kamis (07/03) lalu baru saja ditutup pada Sabtu (06/04) oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X. Prosesi penutupan ini dilaksanakan di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran dan dimulai pukul 19.00. Kegitan ini juga turut dihadiri oleh GBRAy Paku Alam, Bupati Kulon Progo, Dr. Hasto Wardoyo, SP. OG (K), perwakilan Kepala OPD, tamu undangan, serta masyarakat.  

Dalam sambutannya, Sri Sultan berujar, "Pameran naskah ini sudah seyogyanya mengajarkan kita agar senantiasa dapat memahami teks dan memaknai konteks agar mampu merencanakan peradaban yang baik di masa yang akan datang," ujar Sri Sultan. Sri Sultan berharap pameran naskah yang akan datang dapat dilengkapi dengan rujukan film dokumenter misalnya tentang Keraton Yogyakarta, Malioboro, dan Kotabaru tempo dulu sehingga dapat dijadikan referensi generasi milenial untuk mendapat pandangan ke depan lebih baik namun tetap berakar pada budaya.

Sebelumnya, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara sebagai ketua pameran menyampaikan dalam sambutannya bahwasanya penyelenggaraan pameran naskah ini mendapat animo yang baik dari masyarakat. "Selama satu bulan pelaksanaan, terhitung sebanyak 10.000 orang berkunjung ke pameran naskah, dengan rata-rata kunjungan sebanyak 312 orang per hari," ujar beliau. GKR Bendara juga menghaturkan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan membantu kelancaran pameran naskah.

Selain kegiatan penutupan pameran naskah, dalam kesempatan ini dilakukan pula penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), antara Keraton Yogyakarta dengan Institut Seni Indonesia Surakarta, Institut Seni Indonesia Yogyakarta Yogyakarta, dan Universitas Gadjah Mada dalam kegiatan budaya dan edukasi. Adapun penandatangan kerjasama dilakukan oleh rektor masing-masing institusi dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X. Puncak acara penutupan pameran naskah ditutup dengan pementasan Beksan Menak dengan lakon Bedhah Nagari Ambar Kustub persembahan dari KHP Kridhamardawa Keraton Yogyakarta. [vin]

Bagaimana kualitas berita ini: