11 Apr 2019

Peresmian TKP Beskalan, Fasilitas Malioboro Menuju Kawasan Semi Pedestrian

Yogyakarta (11/04/2019) jogjaprov.go.id – Tujuan Pemerintah Daerah DIY menjadikan Malioboro sebagai kawasan semi pedestrian kini mulai lengkap dengan diresmikannya Taman Khusus Parkir (TKP) Beskalan, yang resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah DIY Ir. Gatot Saptadi pada Kamis (11/04) malam. Bertempat di TKP  Beskalan, Yogyakarta, acara ini dihadiri pula oleh Kepala Dinas Perhubungan Drs. Sigit Sapto Raharjo, M.M,  Ketua Balai Terminal dan Perparkiran Arif Rahman Hakim, perwakilan dari PT Putera Jaya Andalan selaku konstruktor serta Ketua RW dan RT setempat sebagai perwakilan warga.

Dalam sambutannya, Sekda DIY mengungkapkan bahwa peresmian TKP Beskalan ini merupakan bagian kecil dari proses penataan Kota Yogyakarta, yang termasuk dalam satuan strategi keistimewaan sumbu filosofi, yang berkaitan dengan tata ruang, tidak hanya dalam hal fisik, namun termasuk juga kehidupan di kawasan sumbu filosofi itu sendiri, hal ini penting untuk menjadi perhatian bersama dalam rangka mewujudkan sumbu filosofi ini sebagai ikon budaya Yogyakarta.

“Kita memahami kondisi Malioboro yang menjadi tujuan wisata, apalagi nantinya Malioboro akan menjadi kawasan semi pedestrian, untuk itu kita mesti mempersiapkan penambahan kantong-kantong parkir di sirip Malioboro, salah satunya yakni TKP Beskalan yang diharap dapat berkontribusi dalam  mengurangi kepadatan arus lalu lintas yang ada di kawasan Malioboro ini. Saya berharap bahwa tempat ini dapat dikelola secara optimal,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Ketua RW setempat berharap bahwa keberadaan dari TKP Beskalan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya sehingga warga dapat bersinergi dengan pengelola. Sejalan dengan hal tersebut, TKP Beskalan tidak hanya berfungsi sebagi kawasan parkir saja, namun juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial.

Kawasan parkir yang direncanakan beroperasi pada 5 Mei mendatang ini, memiliki kapasitas sekitar 19 kendaraan roda empat berada di lantai dasar, serta 150 kendaraan roda dua untuk setiap lantai di lantai satu dan lantai dua. TKP Beskalan juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yakni mushola, toilet serta jaringan instalasi listrik.

TKP Beskalan resmi dibuka yang ditandai dengan pemotongan rangkaian bunga pada pintu masuk dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Sekda DIY didampingi oleh Kepala Dishub DIY. (*/da)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: