17 Apr 2019
  Humas Berita,

Wagub DIY: Mari Bersama-sama Awasi Perhitungan Pemilu 2019

Yogyakarta (17/04/2019) jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X turut serta memberikan hak suaranya dalam Pemilu 2019, Rabu (17/04) yang di gelar serentak di seluruh Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Wagub DIY mendatangi TPS 23 Kelurahan Purwokinanti, Pakualaman, yang bertempat di dalam Istana Puro Pakualaman, Yogyakarta.

Sembari menunggu penghitungan kertas suara oleh KPPS, Wagub DIY menyempatkan diri untuk melihat nama-nama yang tercantum dalam kertas suara. Beliaupun mengimbau kepada para calon pemilih untuk memilih yang benar-benar dikenal baik.

“Calonnya makin bertambah banyak, tapi tetap pilihlah calon yang benar-benar dikenal,” ujar Paku Alam X.

Usai melakukan pencoblosan surat suara, sesuai prosedur, Wagub DIY mencelupkan jari kelingking ke dalam tinta yang sudah disediakan oleh petugas KPPS. Paku Alam X juga mengimbau khususnya untuk warga DIY untuk menggunakan hak pilih sebaik-baiknya dan tentunya tidak menjadi Golput.

Terkait dengan hasil akhir dari Pemilu 2019 ini, beliau juga menyampaikan untuk secara bijak menyikapi apapun hasilnya. Seluruh warga masyarakat harus bisa menghormati apa yang sudah dihasilkan oleh perhelatan akbar Indonesia ini. Meskipun nantinya hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan apa yang dipilih, namun Wagub DIY mengingatkan bahwa hasil akhir itu adalah merupakan suara dan keinginan sebagian besar masyarakat. “Hasil dari Pemilu ini untuk 5 tahun ke depan, kalaupun kurang cocok dengan keinginan harus tetap kita sikapi dengan bijak, lagipula saat ini sudah sangat banyak dan mudah sarana untuk menyampaikan kritik dan saran kepada pemerintah, jadi manfaatkan itu, jangan jadi anarkhis,” imbau Wagub DIY.

Menurut Paku Alam X, DIY sebagai daerah dengan julukan Kota Pendidikan, harus mampu menunjukan kedewasaan dalam berpolitik. Mengingat banyaknya suku bangsa yang berdatangan di DIY, maka toleransi harus lebih ditingkatkan. Masyarakat jangan sampai mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang seringkali memecah-belah warga masyarakat. Dirinya ingin DIY tetap aman, nyaman, damai, dan kondusif, meskipun dengan pilihan politik yang berbeda-beda.

“Saya mewakili Pemda DIY dan juga warga DIY ingin mengimbau dan mengingatkan, marilah secara bersama-sama kita awasi perhitungan hasil Pemilu 2019 ini, sehingga nanti kalaupun ada hoax atau ada sesuatu yang membuat suasana tidak kondusif, bisa segera kita atasi. Saya harap DIY khususnya tetap terjaga keamanan dan kerukunannya,” tutup Paku Alam X.

Dalam penggunaan hak suara tersebut, Wagub DIY juga didampingi oleh Istri, GKBRAA Paku Alam X, kedua putra beliau, BPH Kusumo Bimantoro dan BPH Kusumo Kuntonugroho, beserta menantu dan kerabat dekat Puro Pakualaman yang juga turut menggunakan hak suaranya. (uk)

Humas DIY

Bagaimana kualitas berita ini: