06 Mei 2019

Gubernur DIY Apresiasi Siswa Pemenang Kompetisi Solo Bass se-Asia Pasific

Yogyakarta (06/05/2019) jogjaprov.go.id – Salah satu putra DIY, Eduardo Iswandaru yang akrab disapa Edo, menorehkan prestasi luar biasa dalam bidang musik. Siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur, Yogyakarta ini berhasil mengharumkan nama DIY dengan mendapatkan medali emas pada kompetisi Solo Bass, Asia Pacific Arts Festival 2019 yang di gelar Januari 2019 lalu di Vietnam.

Terkait hal tersebut, pihak SMP Pangudi Luhur Yogyakarta dengan didampingi oleh Kepala Disdikpora Kadarmanta Baskara Aji, melakukan audiensi dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Senin (06/05) di Gedhong Wilis, Komplek Kepatihan, DIY.

Ditemui usai pertemuan, Edo mengaku sangat senang bisa bertemu langsung dengan Gubernur DIY tersebut dan mendapatkan banyak wejangan yang bagus. Disinggung mengenai prestasinya, Edo menyampaikan bahwa dirinya mempelajari alat musik bass mulai kelas VII dengan menyisihkan waktu satu hingga dua jam untuk berlatih setiap harinya.

“Tiap hari latihan satu atau dua jam, waktunya belajar, ngerjain PR ya tetap dilakukan, sudah terbagi waktunya sendiri-sendiri. Tadi juga di pesan (oleh Gubernur DIY) agar sekolahnya tidak ditinggal,” ucap Edo.

Sasongko, orang tua Edo yang ikut mendampingi menyampaikan bahwa pembinaan terhadap Edo bermula dari keinginan sang anak untuk mempelajari alat musik bass secara otodidak. Selama proses tersebut, Edo ternyata menunjukan bakat yang luar biasa dengan dibuktikan seringnya menyabet penghargaan pada kompetisi-kompetisi bass yang dia ikuti. Berangkat dari situ, Sasongko mencarikan guru bass agar bakat semakin terasah. Puncak prestasi Edo adalah memenangkan kompetisi solo bass Januari lalu di Vietnam.

“Edo ini selalu mendapatkan predikat best player pada tiap kompetisi, ini bulan Oktober mendatang rencanaya juga akan mengikuti kompetisi tingkat nasional di Surabaya,” jelas Sasongko.

Sasongko menyampaikan bahwa Pemda DIY memberikan apresiasi pada prestasi yang ditorehkan siswa SMP Pangudi Luhur tersebut. Bahkan terkait dengan prestasi tersebut Edo di janjikan oleh Disdikpora akan dibantu untuk masuk sekolah negeri.

Ditanya mengenai tanggapan serta arahan Gubernur DIY, Sasongko menyampaikan untuk selalu meningkatkan prestasi. Selain itu Gubernur DIY juga mewanti-wanti agar jangan sampai masuk ke dalam pergaulan yang tidak bagus. Hal tersebut karena remaja saat ini sangat rentan terhadap ancaman narkoba.

“Ada wacana untuk melibatkan anak-anak berprestasi seperti Edo untuk ikut serta berperan aktif bersama BNN untuk memerangi narkoba di kalangan remaja,” ujar Sasongko.

Sementara itu, terkait dengan bentuk apresiasi terhadap anak-anak yang berprestasi, Gubernur DIY menyampaikan bahwa setiap November telah dijadwalkan pemberian penghargaan kepada mereka yang berprestasi.   

“Pasti ada penghargaan pada anak-anak kita yang berprestasi, baik prestasi di sekolah, bidang riset, olah raga dan yang lain, termasuk Edo ini nanti juga akan mendapatkan sertifikat penghargaan itu November nanti,” ujar Sri Sultan. (uk)

Humas DIY

Bagaimana kualitas berita ini: