27 Mei 2019
  Humas Berita,

Beksan Talang Kencono Meriahkan Resepsi Hari Jadi ke-188 Gunung Kidul

Gunung Kidul (27/05/2019)jogjaprov.go.id. – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul bersama masyarakat untuk lebih mencermati perencanaan dan pelaksanaan pembangunannya agar disesuaikan dengan potensi yang dimiliki  dan Pemerintah DIY pun mendorong/mendukung masyarat Kabupaten Gunungkidul untuk  mengembangkan prakarsa, daya kreasi/kreativitasnya, dalam rangka kemajuan dan  memperkokoh  daya saing di era perekonomian global sesui dengan fungsinya masing-masing.

Harapan demikian yang disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X  pada Resepsi Hari Jadi ke-188 Kabupaten Gunungkidul yang dilaksanakan Senin (27/05) di Bangsal Sewoko Projo, Gunungkidul yang diselenggarakan Pemda Kabupaten Gunungkidul secara sederhana.

Lebih lanjut Gubernur DIY melalui paku Alam X menegaskan bahwa  Pemerintah daerah melalui aparaturnya  saat ini ditunut dalam menyusun perencanaan baku strategi dengan cara yang benar sehingga dapat mewujudkan otonomi  daerah yang nyata, dinamis, serasi dan bertanggungjawab. Pada akhirnya hal ini akan mampu  meningkatkan perekonomian masyarakat serta meningkatkan persatuan dan kesatuan Bangsa.

Mengawali Resepsi Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul yang bertepatan  dalam bulan suci Ramadhan 1440 H/2019 Mei diawali dengan masuknya pusaka piandel Kabupaten Gunungkidul Pusaka Kanjeng Kyai Margo Salurung, Kyai Pandoyo Panjul dan Songsong Agung Kanjeng Kyai Robyong dari halaman Bangsal Sewoko Projo menuju Bangsal tempat Resepsi di Bangsal Sewoko Projo oleh para punggowo yang berpakaian Tradisional Yogyakarta.

Sementara itu Bupati Gunung Kidul Hj. Badingah, S.Sos dalam sambutan selamat datangnya mengatakan bahwa tema peringatan Hari Jadi Kabupaten  Gunungkidul tahun ini  yang diangkat adalah “ Sempulur “. Dengan tujuan Seluruh potensi yang ada di Kabupaten Gunungkidul dapat dikembangkan lagi agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gunungkidul. Potensi tersebut menurut Badingah dari sektor pariwisata, pertanian, peternakan, perindustrian/UKM, seni budaya, perikanan, perdagangan dan sektor lainnya. Sektor-sektor ini akan dikembangkan dan ditingkatkan secara maksimal bersama masyarakat untuk mengangkat/meningkatkan kehidupannya sehingga potensi alam ini  mampu tergarap dengan baik untuk keberlangsungan masyarakat Gunungkidul baik saat ini maupun dimasa mendatang.

Selain itu Bupati Hj. Badingah juga menyampaikan kebanggaannya dan  mengapresisasi telah selesainya Pembangunan Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA)  di Temon Kabupaten Kulon Progo dan akan berdampak langsung dan tidak langsung terhadap pertumbuhan perekonomian yang menggeliat,  tidak hanya di DIY namun juga di  sekitar DIY. Gunungkidul pun juga ingin ambil peran dalam pemanfaatan Bandara tersebut.

Diakhir sambutannya Gubernur DIY selain mengucapkan Dirgahayu atas berdirinya Kabupaten Gunung Kidul yang ke-188  dengan tetap mendorong dan mendukung greget  gotong-royong untuk suksesnya pembangunan Gunungkidul yang guyup rukun, harmonis, asah-asuh-asih dengan prinsip disiplin, mandiri dan kebersamaan.

Dalam kesempatan ini ikut tampil memeriahkan Resepsi Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-188 Beksan Talang Kencono dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul. Seluruh prosesi resepsi disampaikan dalam Bahasa Jawa.

Resepsi Perngatan Hari Jadi Kabupaten Gunung Kidul selain dihadiri Wakil Gubernur DIY Paku Alam X juga dihadiri Wakil Bupati Gunungkidul Dr. Imawan Wahyudi, SH., M,Hum,. Ketua DPRD  dan Anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul, Kepala OPD, Camat dan Kades dari seluruh  Gunungkidul, dan jajaran  Pejabat dari Kabupaten di perbatasan DIY Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Timur.(krn)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: