04 Jun 2019

Gubernur DIY Ajak Rajut Benang Ke-Islaman

Yogyakarta (04/06/2019) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri kepada warga DIY. Beliau pun mengajak seluruh warga merajut benang-benang Islam rahmatan lil alamin untuk menguatkan kohesi sosial agar terbangun kembali semangat guyub-rukun antarwarga.

"Hendaklah kita merayakan keberbedaan sebagai rahmat untuk saling menghargai dengan penuh toleransi atas pilihan dan keyakinan masing-masing. Di Hari Fitri ini, marilah kita pererat kembali tali silaturakhim antaranak bangsa, yang tak sebatas berjabat tangan dan saling memaafkan. Melainkan dikembangkan menjadi kebersamaan, kerjasama, saling berbagi dan bersinergi dalam membangun peradaban yang bermartabat untuk mengejar kemajuan bangsa-bangsa lain di dunia," ungkap Sri Sultan.

Sri Sultan menegaskan, Idul Fitri bukan sekadar untuk merayakan kegembiraan, tetapi juga menandai lembar kehidupan baru memasuki gerbang pintu maaf penyejuk kedamaian hati. Untuk itu seluruh umat patut bersyukur, karena telah selamat keluar dari kemelut negeri berkat kesigapan dan kesabaran aparat keamanan dalam berjihad menegakkan konstitusi.

Ditambahkan Sri Sultan, kata-kata penuh amarah dan kebencian membuat hati gundah tak terperikan. Kata-kata sarat maaf membuat hati tercerahkan, sehingga langkah menjadi ringan dalam mengetuk hati-nurani untuk tabayyun dan saling mendekat membangun jembatan islah.

"Semoga Tuhan Yang Maha Bijaksana senantiasa menunjukkan jalan yang bijak penuh hikmah dalam menyelesaikan setiap perbedaan antaranak bangsa. Marilah kita petik hikmah dan makna pesan Hari Kemenangan penuh rahmat dan berkah ini. Dengan saling berucap, selamat Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah. Minal aidin wal faizin. Mohon maaf lahir dan batin. Insya Allah akan terbuka pintu maaf di setiap hati kita, agar kembali bersemi bagaikan embun nan fitri di pagi hari," ungkap Sri Sultan. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: