22 Jun 2019

Festival Perahu Naga Jadi Acuan Mental Atlit Dayung

Bantul (22/06/2019) – Dalam rangka mengikuti Festival Perahu Naga, Sabtu (22/06) di Laguna Depok, Bantul, atlit dayung DIY serius mempersiapkan diri. Festival Perahu Naga sendiri merupakan perlombaan dayung yang menjadi ajang pembinaan mental bagi atlit dayung.

Sejumlah 20 tim ditargetkan bisa berpartisipasi dalam acara ini, namun ternyata jumlah tersebut terlampaui menjadi 24 tim yang datang dari berbagai daerah bahkan dari luar Pulau Jawa.  Kepala Dinas Pariwisata Bantul Wintarto Heri Prabowo yang mewakili Dinas Pariwisata DIY menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan apresiasi tersendiri.

Wintarto menjelaskan dipilihnya Laguna Depok sebagai lokasi lintasan perlombaan adalah karena lokasi tersebut cukup cukup diminati masyarakat. Selain itu menjadi salah satu upaya menarik minat wisatawan untuk datang.

“Laguna Depok cukup diminati oleh peserta. Jadi atlit dayung semakin giat untuk latihan dan berkompetisi dan memiliki semangat. Ini juga sekaligus untuk mengembangkan Laguna Depok dalam sektor pariwisata,” jelas Wintarto.

Selain hal tersebut, Festival Perahu Naga juga bertujuan untuk membangun olahraga air yang dapat membangun daya tarik wisata yang ada di DIY. Saat ini Laguna Depok sudah lebih memperhatikan sarana dan prasarana. Salah satunya adalah rencana pembangunan jembatan layang yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata air di Kabupaten Bantul, DIY.

Wardoyo S.Sn. M.M Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Pengembangan Dinas Pariwisata DIY menyampaikan, nantinya Laguna Depok ini akan dibangun tidak jauh berbeda dengan Singkawang. Upaya ini dilakukan supaya DIY memiliki tempat yang representatif untuk memfasilitasi kegiatan olah raga air, pendidikan serta pariwisata.

Rahim, salah satu peserta dari Balikpapan, Kalimantan Timur mengatakan bahwa dirinya sangat menantikan festival tahunan ini. “Kami memang jauh – jauh datang dari Balikpapan, Kalimantan Timur karena dari pengalaman tahun lalu, kami ada potensi untuk menjadi juara. Tetapi ternyata pada tahun ini pesertanya bertambah sehingga kami harus berjuang lebih giat supaya menang,” ujar Rahim.(*Rk/Nw)

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: