25 Jun 2019
  Dinas Pariwisata Berita,

Kemeriahan Festival Perahu Naga Laguna Pantai Depok

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bantul dan Jogja Chinese Art & culture Center (JCACC) menyelenggarakan Festival Perahu Naga. Festival yang sudah berjalan 14 kali ini dilaksanakan di Laguna Pantai Depok tanggal 22-23 Juni 2019 untuk menyambut perayaan Peh Cun dengan acara utama Lomba Dayung Perahu Naga. Lomba diikuti oleh oleh 24 tim dari DIY maupun luar daerah seperti Balikpapan, Blora, Pati, Cilacap, Karanganyar, Purworejo, Batang dan Banyumas.

Pada hari Sabtu (22/6) dilakukan babak penyisihan 16 races, sedangkan hari Minggu (23/6) dilaksanakan semifinal dan final. Acara dibuka dengan sambutan oleh Kepala Dispar DIY dan dilanjutkan dengan pemukulan drum oleh Kepala Dispar DIY, Kepala Dispar Bantul dan Ketua JCACC. Bapak Singgih Raharjo SH., M.Ed., selaku Kepala Dispar DIY menyatakan bahwa diselenggarakannya festival ini bertujuan untuk mengembangkan wisata bahari di Kabupaten Bantul. Laguna Pantai Depok memiliki keindahan akan Sungai Opak dan Laut Selatan sehingga tidak hanya dikembangkan sebagai wisata bahari melainkan juga dapat dikembangkan untuk sarana penunjang olahraga dayung. Beliau berharap pelaksanaan festival tahun depan bisa lebih baik lagi dan peminat olahraga perahu naga akan semakin banyak dan berkembang menjadi level nasional.

Perlombaan semakin meriah ketika sampai pada babak final dan tim salin beradu untuk mencapai garis finis. Tim Podsi Pati keluar sebagai pemenang diikuti oleh tim Podsi Kulonprogo A dan Dispora Balikpapan. Selanjutnya untuk juara harapan 1, 2 dan 3 berturut-turut adalah Dewa Ruci Cilacap, Adiraja Cilacap dan Padle Club Cilacap. Para juara tersebut mendapatkan hadiah total senilai 75 juta rupiah. Festival ini turut dimeriahkan oleh kesenian tari daerah, barongsai dan ditutup dengan parade 26 perahu hias oleh nelayan setempat. (San/dna)

Bagaimana kualitas berita ini: