16 Jul 2019

Pasar Kaki Langit Diharapkan Dongkrak Jam Kunjung

Bantul (15/07//2019) jogjaprov.go.id - Desa Wisata Mangunan di Dlinggo, Bantul terus mengembangkan diri. Salah satu program yang telah dibuat ialah pembuatan Pasar Kaki Langit, pasar kuliner tradisional.

Pasar Kaki langit atau yang disebut juga Pasar Semi (Sebtu, Minggu) ini berlokasi di tengah kawasan wisata Mangunan. Pasar ini juga cukup dekat dengan spot wisata Hutan Pinus Asri, Watu Goyang, dan Lintang Sewu. Pasar ini dibangun untuk menambah jam berkunjung para wisatawan ke kawasan ini. Konsep pasar ini juga untuk mengangkat kembali masakan kuliner yang hampir punah.

“Pasar ini baru mulai buka pada 10 Desember 2017 lalu. Selama ini Pasar Kaki Langit telah berhasil menarik minat pengunjung. Pada dasarnya kuliner yang disajikan harus kuliner tradisional, tidak boleh yang kekinian. Ini juga sebagai ajang bernostalgia bagi pengunjung maupun ajang pengenalan kuliner tradisional bagi generasi saat ini,” ungkap Ketua Pengelola Desa Wisata Mangunan, Purwoharsono.

Di sela mendampingi rombongan wartawan unit Kepatihan dan Humas Pemda DIY ke lokasi pada Senin (15/07), Pur sapaan akrabnya mengatakan, nama Kaki Langit menyiratkan mimpi dan keinginan untuk terus maju. “Kaki Langit mengandung makna kaki yang artinya berdaya, bergerak, dan membangun bersama. Sementara langit bermakna tinggi, yaitu cita-cita untuk membangun hidup yang lebih baik,” tutur Pur.

Untuk semakin mendukung destinasi wisata Mangunan, telah dibangun pula toilet pada 2018 lalu. Fasilitas ini guna mendukung fasilitas homestay yang ada di desa wisata ini. Pembangunan toilet dengan kloset duduk ini merupakan salah satu program bantu dari Gubernur DIY. Bantuan Gubernur DIY ini diberikan melalui Dinas Pariwisata DIY untuk melengkapi fasilitas homestay agar memberikan kenyamanan bagi wisatawan, utamanya wisatawan asing.

“Bantuan Gubernur DIY ini untuk melengkapi fasilitas homestay yang ada di rumah-rumah penduduk. Dengan begitu, diharapkan semakin banyak wisatawan yang datang. Ujung-ujungnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” papar Kepala Dukuh Mangunan, Suyadi.

Kegiatan kunjungan ke destinasi wisata ini merupakan agenda Press Tour dalam daerah yang diadakan Humas Pemda DIY. Tujuan kegiatan ini ialah untuk mempromosikan berbagai destinasi wisata yang ada di DIY melalui media massa. (As/Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: