07 Agt 2019

Wagub DIY Ajak Apresiasi Pameran Abad Fotografi “Momen Eksperimental”

Yogyakarta (09/08/2019) jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menegaskan bahwa kita perlu untuk mengapresiasi para fotografer agar semua orang tidak lagi menilai dengan negatif hasil foto seseorang. Karena bahwasannya semua orang memiliki gaya dan arti tersendiri dari setiap foto yang diambil.

Hal ini disampaikan pada saat pertemuan dengan beberapa fotografer asal Jakarta yaitu Sjaiful Boen dan Kun Tanubrata serta seniman fotografi Indonesia Risman Marah, yang memprakarsai Pameran “Abad Fotografi” ke-4 ini pada Selasa (06/08) di Gedhong Pare Anom, Komplek Kepatihan, Yogyakarta.

Sri Paduka juga mengatakan bahwa, “Memotret tidak hanya sekedar memindahkan objek, tetapi kita juga harus mengikut sertakan jiwa kita. Jika kita tidak mengikut sertakan jiwa, berarti itu hanya sekedar hasil kamera. Saya berharap acara ini bisa membuka gairah minat para anak muda, agar anak muda bisa terbuka bahwa semuanya bisa dijadikan objek,“ imbuh Sri Paduka.

Risman Marah menyampaikan bahwa pameran fotografi ini akan dihadiri oleh 14 orang seniman fotografi serta dua orang seniman fotografi asal Jepang dan Swiss. Acara pameran “Abad Fotografi” ke-4 ini akan diselenggarakan di Jogja Gallery pada tanggal 12-30 September. Pameran ini terbuka untuk semua masyarakat DIY dan tidak dipungut biaya.

Sjaiful Boen menyampaikan bahwa pameran ini bersifat mengedukasi, namun di dalamnya juga disisipkan tentang idealisme. Dengan mengambil benang merah “Momen Eksperimental”, pameran Abad Fotografi ingin memberikan kebebasan kepada setiap individu untuk bereksperimen. Harapan ke depannya, semoga pameran foto ini bisa lebih menonjolkan idealisme dari setiap karya foto yang dihasilkan para seniman serta bisa memajukan fotografi Indonesia. (lt)

Humas Pemda DIY

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: