25 Agt 2019
  Humas Berita,

Puncak Acara Jogja Air Show Berjalan Sukses

Bantul (25/08/2019) Jogjaprov.go.id - Pertunjukan atraksi udara yang merupakan rangkaian dari Jogja Air Show (JAS) 2019 pada Minggu (25/08) pagi di Landasan Pacu Pantai Depok, Bantul, Yogyakarta berjalan lancar dan sukses.

Agenda yang terdiri dari solo aerobatics pitts, terjun payung, fly pass pesawat tempur F16 dan T50, aerobatics The Jupiters, formasi pesawat Grob, paralayang, serta pemecahan rekor tarik pita sepanjang 1.250 meter oleh microflight trike ini merupakan acara puncak dari serangkaian acara JAS 2019.

JAS sendiri merupakan salah satu program kerja unggulan dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) DIY, yang tahun ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY. Penyelenggaraan bekerjasama  dengan Pemerintahan Kabupaten Bantul dan mendapat dukungan penuh dari Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta. Tujuannya sudah jelas, yaitu untuk penyelenggaraan atraksi wisata pada program Pengembangan Destinasi Wisata.

“Perkembangan olahraga kedirgantaraan atau Aero Sport di Indonesia dari tahun ke tahun menunjukkan progress yang baik. Hal tersebut perlu kita dukung melihat perkembangannya yang semakin baik,” ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, S.H. M.Ed. saat membacakan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Menurut Singgih, acara Jogja Air Show 2019 ini merupakan upaya menumbuhkan minat kedirgantaraan generasi muda Indonesia, serta memberikan wadah bagi atlet-atlet Aero Sport untuk mengasah ketrampilan dalam hal mengoperasikan pesawat terbang. Yang tak boleh dikesampingkan pula adalah acara ini memberikan hiburan kepada masyarakat dan mendukung program pariwisata di DIY.

“Saya yakin, melalui berbagai persiapan matang, kualitas pelaksanaan Jogja Air Show 2019 ini akan semakin terjaga, dan harus semakin sukses dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” tandas Sigit.

Sigit menambahkan, sambutan dari para pecinta Aero Sport pada Jogja Air Show dari tahun ke tahun sangat baik. Tidak hanya para pecinta Aero Sport saja, namun masyarakat juga sangat menyambut baik. Mereka yang antusias menyaksikan acara ini datang dari berbagai wilayah bahkan dari negara tetangga.

Mengenai dipilihnya Pantai Depok untuk mewadahi acara ini, Sigit menjelaskan, Pantai Depok merupakan lokasi yang paling strategis dan representatif. Hal tersebut dikarenakan tedapat daerah perbukitan yang dapat digunakan untuk starting point. Seperti diketahui bersama, Pantai Depok adalah satu satunya wilayah di Indonesia dengan kontur dan letak geografis yang paling sesuai bagi olahraga Aero Sport.

Turut hadir pada acara tersebut Sekda Bantul, Komandan Lanud Adisutjipto, Kepala Dinas Pariwisata DIY, jajaran pejabat Forkopimda DIY dan Forkopimkab Bantul, serta tamu undangan lainnya. Acara semakin meriah dengan penampilan dari Nufi Wardana, Fly Band serta penari-penari dari Bantul. (za)

Humas Pemda DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: