13 Sep 2019

Wagub DIY Buka Pameran Abad Fotografi IV

Yogyakarta, (12/09/2019) jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X hadir memberikan sambutan sekaligus membuka acara dalam pembukaan Pameran Abad Fotografi IV dengan tema ‘Momentum’ yang digelar di Jogja Gallery, Yogyakarta, pada Kamis (12/9) malam.

Dalam sambutannya Sri Paduka mengatakan bahwa ketika memotret kita membutuhkan cahaya, dan cahaya adalah kehidupan soal rasa dan rasa itu sendiri merupakan adab. "Terkait dengan adab, saat ini banyak fotografer yang melenceng dari adab, salah satunya mengambil foto tanpa izin. Ketika menggunakan rasa, semuanya lepas dan rasa yang dipakai dapat menjadi landasan saat kita melakukan kegiatan”, ujarnya.

Menurut Sri Paduka, foto yang baik merupakan foto yang mempunyai fibra, artinya dalam foto tersebut harus terdapat pesan yang dapat disampaikan kepada khalayak. Selain itu, Paku Alam X juga menyampaikan, fotografi merupakan dunia yang luar biasa dan dunia yang terkait dengan kehidupan kita.

Sri Paduka juga menyampaikan pesan terkait dengan pameran forografi ini. “Pesan saya yaitu bagaimana kita mengembalikan marwah fotografi dengan rasa”, tutupnya.

Dalam acara pembukaan tersebut Direktur Eksekutif Jogja Gallery, KRMT Indro ‘Kimpling’ Suseno menjelaskan bahwa Pameran Abad Fotografi ini akan membalikkan pemikiran kita semua tentang fotografi.
Pameran Abad Fotografi ke-4 ini merupakan pameran yang ke-188.

Pameran ini diselenggarakan oleh kelompok abad fotografi yang bekerja sama dengan Jogja Gallery dan FSMR ISI Yogyakarta yang diikuti oleh 14 fotografi yang berasal dari tiga negara yaitu Indonesia, Jepang dan Swiss. Dalam Pameran tersebut akan menampilkan sebanyak 35 karya.

Pameran tersebut diisi menampilkan karya-karya yang luar biasa dari 14 fotografer ternama, seperti Irwandi, Edial Rusli, Ngesti Liman, Ismar Partizki, Yusuke Mimasu, Jiri Kudran, Chusin Setiadikara, Hermandari Kartowisastro, Anton Ismail, Suherry Arno, Kun Tanubrata dan Sjaiful Boen. Dengan kurator Jim Supangkat, pameran ini berlangsung hingga 30 September mendatang . (Az/Lt)

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: