15 Sep 2019
  Editor Berita,

Keraton Yogyakarta Juara Umum Festival Keraton Nusantara XIII

 

Palopo (13/09/2019) jogjaprov.go.id - Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali berpartisipasi dalam Festival Keraton Nusantara XII 2019 di Kota Palopo, Sulawesi Selatan pada 7-11September lalu. Adapun Kanjeng Pangeran Haryo Notonegoro, Penghageng KHP Kridhomardowo Keraton Yogyakarta turut hadir sebagai pemimpin rombongan keraton.

Pada tahun ini, Keraton Yogyakarta mengusung tema keprajuritan dalam keikutsertaannya. Hal ini dapat disaksikan pada beberapa agenda seperti Kirab Prajurit Keraton Nusantara pada Senin (9/9) yang menampilkan Bregada Trunajaya, yaitu kesatuan prajurit yang dibentuk pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I. Rute kirab dimulai dari Lapangan Gaspa dengan titik akhir di Lapangan Pancasila. Usai kirab, seluruh prajurit keraton turut dalam acara pembukaan festival secara resmi oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah.

Kesatuan Prajurit Trunajaya yang terdiri dari 1 Panji Parentah, 2 Dwajadara, 1 Pengamping, 1 Panji Andhahan, 20 Korps Musik, 2 Botoh, 16 Jajar, 2 Salaotho, dan 16 Ploncon mencuri perhatian seluruh warga Kota Palopo. Bahkan tidak jarang warga kota tersebut tampak berdesak-desekan untuk mengabadikan momen saat prajurit lewat.

Dalam agenda Kirab Prajurit Keraton Nusantara, lebih dari 30 keraton menampilkan kesatuan prajuritnya. Seluruh keraton berlomba-lomba untuk menyuguhkan sajian terbaik sekaligus sebagai upaya memperkenalkan identitas keraton masing-masing. Dari ke-30 keraton yang berpartisipasi, Keraton Yogyakarta berhasil menyabet juara umum. Hal ini tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi kontingen keraton sekaligus bagi Yogyakarta. Di sisi lain, kemenangan keraton sebagai juara umum menunjukkan bahwa kebudayaan yang terdapat di Keraton Yogyakarta masih terus lestari hingga saat ini, salah satunya tradisi keprajuritan.

Selain menjadi juara umum, Kanjeng Pangeran Notonegoro juga menerima cinderamata berupa keris dari Datu Luwu. Momen ini diberikan menjelang acara gelar budaya (10/9) yang diikuti oleh seluruh kontingen dari keraton se-nusantara.[vin/fj]

Humas Pemda DIY

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: