18 Sep 2019
  Humas Berita,

Paceklik Cultur Festival 4-6 Oktober 2019 Angkat Potensi Lokal Gunungkidul

YOGYAKARTA (18/09/2019)jogjaprov.go.id. – Edukasi masyarakat untuk penyadaran akan pentingnya mencintai potensi baik budaya maupun kuliner memang harus terus digelorakan pada masyarakat. Hal ini dilakukan agar seni budaya dan kuliner warisan leluhur tetap lestari dan generasi mudalah dapat tampil melestarikannya.

Harapan demikian disampaikan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X ketika menerima Audensi Panitia Paceklik  Cultur Festival Girisekar, Panggang, Kabupaten Gunungkidul yang dipimpin Ketua Desa Budaya Girisekar, Panggang, Gunungkidul   Sambudi yang didampingi  Ketua Pelaksana Paceklik Festival Budaya Girisekar  Wawan  Kurniawan, S.Sn ,M.Hum dan  Nara Wasana siang tadi (Rabu,18/09) di Gedung Pareanom, Kepatihan, Yogyakarta.

Menurut Ketua Pelaksana Festival  Wawan  Kurniawan, diselenggarakannya Festival Budaya dipicu atas keprihatinannya terhadap menurunnya apresiasi sebagian generasi muda terhadap seni budaya sendiri akibat terdesak  oleh masuknya teknologi informasi yang canggih serta makanan instan yang masuk  Indonesia bahkan sampai tempat yang paling pelosok. Festival ini menjadi salah satu upaya untuk menggugah generisi muda di Gunungkidul khususnya dan DIY pada umumnya untuk  mencintai kembali dan melesarikan budaya lokal.

Harapannya dengan Paceklik  Cultur Festival Girisekar yang akan diselengarakan tanggal  4 s/d 6 Oktober tersebut  akan menumbuh kembangkan dan memotivasi masyarakat untuk tetap mencintai seni budaya serta kuliner sendiri. SElanjutnya juga akan memperkuat tradisi gotongroyong dan rasa  kebersamaannya. Selanjutnya diharapkan bahwa  penyelenggaraan kegiatan ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Adapun kegiatan dari Paceklik  Cultur Festival Girisekar ini meliputi Sarasehan Seni Budaya,Pentas Seni, pasar Kuliner dan dirangkai dengan kegiatan Rasulan, Pembukaan Cupu Panjolo serta Bersih Desa .

Sementara itu Sambudi Ketua Desa Budaya Girisekar, Panggang, Gunungkidul menyambut baik dengan akan diselengarakannya  Paceklik Cultur Festival yang mengingatkan  warga Gunungkidul di era tahun  60 an (1960) bahwa Kabupaten Gunungkidul telah terjadi paceklik pangan. Dengan adanya Paceklik Festival Seni Budaya ini Gunungkidul  mengapresisasi dan menyambut baik  kegiatan ini yang dinisiasi generasi muda sehingga Gunungkidul jangan  sampai terjadi paceklik budaya nantinya.

Mengakhiri petemuannya Wakil Gubernur DIY  Paku Alam X berpesan agar warga dan pemimpin Desa Budaya agar bertanggungjawab dengan pengukuhannya sebagai Desa Budaya dengan tetap melesarikan, mengembangkan, merawat kekayaan seni budayanya agar tetap utuh dan lestari. (krn)

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: