19 Sep 2019
  Humas Berita,

Wakil Gubernur DIY Diundang Dalam Festival Sate Klathak November Mendatang

Yogyakarta (19/09/2019) jogjaprov.go.id –Bertempat di Gedhong Pare Anom Kepatihan, Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X menerima Panitia Kegiatan Lustrum X yang dipimpin oleh Nafiatul Umami, Ketua Prodi Fakultas Pasca Sarjana  dan 50 tahun Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam rangka promosi konsumsi hewani untuk peningkatan sumber daya manusia, maka akan diselenggarakan pula pemecahan Rekor MURI Sate Klathak.

Menurut Nafiatul, rekor yang ingin dipecahkan adalah 1011 tusuk sate yang akan disantap oleh 1969 peserta yang berasal dari civitas akademika dan masyarakat umum. Sejumlah orang yang akan melahap sate tersebut sama seperti tanggal berdirinya Fakultas Peternakan UGM yaitu pada 10 November 2019.

Pada kesempatan tersebut Wagub DIY mengemukakan bahwa, Universitas Gajah Mada yang merupakan universitas kerakyatan hendaknya dalam program yang dilaksanakan untuk memunculkan banyak nilai, seperti  berdasarkan budaya dan kearifan lokal.

Dikatakannya pula bahwa dalam program KKN yang dijalankan oleh para mahasiswa perlu dengan kegiatan yang lebih berinteraksi dengan masyarakat dengan kegiatan yang terukur  dan berinovasi, fakultas hendaknya punya area bermain sesuai dengan bidangnya. Hal ini akan lebih memudahkan untuk melakukan evaluasi dengan kegiatan yang dijalankannya.

Dalam kesempatan tersebut KGPAA Paku Alam X menyampaikan keinginannya untuk membuka sekolah sekolah gratis yang mengarah ke integrated family bagi penyandang disabilitas.

Menurut Asih Kurniawati, Ketua Panitia Lustrum, kegiatan yang mengangkat sate klathak  adalah karena sate klathak merupakan satu produk peternakan yang paling spesial  dan merupakan kuliner sate yang sangat istimewa di DIY. Adapun tujuanya adalah agar warung-warung sate klatak di DIY akan terangkat, demikian juga para peternaknya.

Acara yang akan digelar di bulan November 2019 mendatang ini bekerja sama dengan kelompok Peternak kambing dan domba DIY  (PPKDY) serta Dinas Pariwisata dan Asosiasi Chef Indonesia. Kegiatan  akan dimeriahkan pula dengan reuni Fakultas Peternakan, Festifal Kuliner Nusantara, Bazaar Produk Peternakan, lomba mewarnai anak TK dan SD. Sebelumnya juga diselenggarakan Seminar Internasional di Royal Ambarukmo pada Senin, 23 September mendatang disamping seminar nasional dan seminar perkudaan serta ulat sutera. (teb)  

Bagaimana kualitas berita ini: