22 Okt 2019

UT Harus Jadi Cyber University Terbaik

Yogyakarta (22/10/2019) jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menginginkan Universitas Terbuka (UT) bisa menjadi cyber university terbaik di Indonesia. Hal ini dikarenakan UT telah menjadi ‘pemimpin’ dalam pembelajaran online bagi perguruan tinggi lain di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Sri Paduka hadir mewakili Gubernur DIY pada Pembukaan Rapat Tinjauan Manajemen Universitas Terbuka di Hotel Melia Purosani pada Selasa (22/10). Dikatakan Sri Paduka, dalam memajukan pendidikan tinggi, salah satu kiprah yang dilakukan UT adalah menjadi tulang punggung pemerintah dalam menciptakan online learning yang masif di Indonesia.

“UT menjadi tempat referensi perguruan tinggi lain yang menyelenggarakan online learning karena UT berpengalaman dalam bidang ini. Untuk mewujudkannya, UT harus bisa selalu meningkatkan kompetensi para staf dengan mengikuti beragam pelatihan peningkatan kompetensi dan keterampilan,” imbuh Sri Paduka.

Dengan melakukan peningkatan kompetensi stafnya, Sri Paduka berharap UT bisa menjadi resource university. Upaya inipun merupakan bagian dari upaya menuju Institut Pendidikan Siber Indonesia.

Melalui rapat kali ini, Sri Paduka pun berharap UT dapat mengevaluasi implementasi dan kinerja kegiatan akademik, mendiseminasikan, dan sekaligus membangun kesamaan persepsi tentang kebijakan terkini.

Rapat yang mengangkat tema ‘Memperkokoh Kapasitas dan Kualitas Layanan Meningkatkan Kepuasan Masyarakat’ ini turut dihadiri Direktur Universitas Terbuka DIY, Anto Hidayat, M,Si., Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., jajaran pimpinan Universitas Terbuka Pusat dan UPBJJ-UT dari seluruh Indonesia, serta Staf Ahli Bidang Kesra Pemkot Yogyakarta, Ir. Haryo Yudo.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D menyampaikan, dalam usianya yang menginjak 35 tahun, UT mempunyai keunggulan, yaitu dapat menerima mahasiswa dalam kapasitas besar, utamanya lulusan SMA. Kemenristekdikti RI pun telah memberikan izin bagi UT untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi jenjang S3.

Acara ini diikuti dengan peluncuran empat program studi baru UT, yaitu Program Studi Doktor Administrasi Publik, Program Studi Doktor Ilmu Manajemen, Magister Ilmu Lingkungan, dan Program Studi Sarjana Pariwisata. (du/Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: