28 Nov 2019
  Editor Berita,

Bali Pelajari Penyelenggaraan Event Nasional di DIY

Yogyakarta (28/11/2019) Jogjaprov.go.id -  Indonesia memiliki 2 tempat yang mendapatkan predikat dari World Craft Council (WCC) sebagai daerah yang mampu memberikan apresiasi bagi karya seniman. Kedua tempat tersebut adalah DIY yang mendapakan predikat World Batik City dan Gianyar, Bali yang mendapatkan predikat World Craft City

Ibu Wagub DIY, GBRAA Paku Alam atau bisa disapa Gusti Putri menyampaikan hal demikian pada acara Penerimaan Kunjungan Dekranasda Gianyar Bali, Kamis (28/11) di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Pada kesempatan tersebut, Gusti Putri didampingi oleh Perindag DIY Ir. Aris Riyanta, M.Si, Direktur Eksekutif Dekranasda DIY Ronni Guritno, S.H. dan Wkail ketua Dekranasda DIY, Tasbir, SH., M.Hum. Sedangkan rombongan Dekranasda Bali dipimpin oleh Ibu Bupati Gianyar,  Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra, S.E., M.A.P, dan didampingi oleh Sekretaris Derah Gianyat, Ir. Imade Gede beserta jajaran OPD Kabupaten Gianyar.

Kunjungan tersebut dimanfaatkan oleh 2 istri pejabat tersebut untuk saling berdiskusi dan bertukar informasi. Selain itu ekduanya membahas mengenai beberapa event intrenasional yang akan diselenggarakan ke tiga kalinya oleh Dekranasda DIY  yaitu (JIBB Jogja International Batik Binale) dan Dekranasda Gianyar yaitu Gianyar International Craft Festival (GICF) yang secara detail meliputi teknis, jadwal, kegiatan, konsep, tamu undangan dan rancangan pelaksanaan.

“Rangakian event JIBB nanti ada seminar, fashion show, festival, pameran dan konvensi. Detailnya akan kita godok lagi untuk menjadikan Jogja sebagai kota batik dunia. Sebenarnya Jogja pun memiliki potensi sebagai kota dengan hasil kerjinan dari kayu, dan besi. Tetapi pada kesempatan ini kita hanya  memfokuskan ke batik saja, karena predikat Jogja adalah World Batik City bukan World Craft City,” ujar Gusti Putri. 

Sementara itu, Ida Ayu Surya menyampaikan, tujuan dari pertemuan tersebut memnag untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman mengenai Event International yang sudah dan akan dilaksanakan oleh Dekranasda DIY. Ida Ayu Surya berharap Dekranasda antara DIY dan Gianyar akan tetap terus terjalin, dari segi komunikasi, koordinasi, dan silaturrahmi.

Acara diakhiri dengan saling bertukar piagam dan cinderamata serta berfoto bersama. Harapan Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra, SE., MAP. (kt)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: