15 Des 2019

Niti Laku UGM, Uri-Uri Kebudayaan

Sleman (15/12/2019) jogjaprov.go.id – Pawai Budaya Niti Laku Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali hadir untuk memperingati rangkaian Dies Natalis ke-70 atau Lustrum ke-14. Kegiatan ini diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari anggota Kagama seluruh Indonesia, pegawai dan mahasiswa UGM dengan menempuh rute, start dari Keraton Yogyakarta dan finish di Balairung UGM.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Kagama, H. Ganjar. Pranowo, S.H., M.I.P yang diselenggarakan pada Minggu (15/12) di Alun – Alun Utara Yogayakarta dengan mengusung tema “Menggugah Warisan – Bersama Kebangsaan dan Berbudaya”. Turut hadir Menteri Sekretaris Negara Prof. Dr. Drs. Pratikno, M.Soc.Sc., Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng beserta jajarannya.

Adapun kostum yang dikenakan oleh para petinggi dan peserta pawai budaya yaitu mengusung tema wayang, pejuang dan pakaian adat dari seluruh penjuru Indonesia. Para peserta dikelompokkan sesuai dengan asal kelahiran dan fakultas yang ditekuninya. Kegiatan ini memiliki tujuan dapat membuka memori untuk selalu mengingat bahwa Universitas Gadjah Mada terlahir karena peran besar Kraton Yogyakarta dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX. 

“Hari ini kita dapat belajar dan menempati bekas kita masing–masing untuk membangun negara. Satu yang selalu indah yang selalu menarik dan sesuatu yang selalu diingat adalah kawan–kawan Universitas Gadjah Mada, kawan–kawan KAGAMA selalu nguri-nguri sekaligus mengembangkan kebudayaan. Kebudayaan inilah, yang tentu saja bisa jadi satu tata nilai yang kita pegang, sekaligus menjadi satu sesuatu yang bisa kita pakai untuk menjalin relasi sosial dan relasi politik,” ujar Ganjar.

Sementara itu, Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono menyampaikan bahwa kebudayaan sangat erat dengan cinta, keindahan, dan persatuan. Itulah yang selalu mewarnai kiprah UGM selama ini, dimana harus selalu bersatu dengan berbagai mozaik, keberagaman budaya Indonesia. Dengan demikian UGM dapat terus berkontribusi untuk bangsa dan negara.

Pawai Budaya ini dimulai dengan dikibarkannya bendera oleh Ketua Kagama, Menteri Sekretaris Negara dan Rektor UGM. Selain Pawai Budaya terdapat beberapa rangkaian acara yang ikut memeriahkan Lustrum ke–14 ini, seperti adanya penampilan dari The Dean Band, Elek Yo Band dan Didi Kempot. (kt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: