25 Mei 2023
  Humas DIY Berita,

AAU Harus Cetak Taruna Berkarakter

Yogyakarta (25/05/2023) jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menghadiri Upacara Serah Terima Jabatan Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) pada Kamis (25/05). Dilaksanakan di Lapangan Dirgantara Ksatrian AAU Yogyakarta, Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA. bertindak selaku inspektur dalam upacara tersebut.

Berdasarkan keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia No Kep/426/IV/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, jabatan sebagai Gubernur AAU diserahkan dari Marsekal Muda (Marsda) TNI Eko D. Indarto kepada Marsekal Pertama (Marsma) TNI Wayan Superman. Sementara Marsda TNI Eko D. Indarto akan mengemban ketugasan baru menjadi Inspektur Jenderal TNI Angkatan Udara (Irjenau). Sebelum ditugaskan menjadi Gubernur AAU, Marsma TNI Wayan Superman mengisi posisi Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Udara (Waasops KSAU).

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam amanatnya menyampaikan, karakter adalah fondasi yang dibutuhkan seorang pemimpin. Demikian pula dengan TNI Angkatan Udara (TNI AU) yang juga membutuhkan figur pemimpin yang berkarakter agar mampu menghadapi tantangan di masa mendatang.

“Inilah tuntutan tugas Akademi Angkatan Udara dalam membentuk karakter taruna yang sebelumnya berasal dari lingkungan sosial yang beragam, dicetak menjadi seorang prajurit dengan karakter tangguh sebagai calon pimpinan masa depan TNI Angkatan Udara,” jelasnya.

Diungkapkan KASAU, era transformasi digital ini menjadi tantangan tersendiri bagi AAU dalam membentuk karakter taruna. Namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan.

Secara khusus KASAU menilai, amanah dan tugas mulia sebagai Gubernur AAU, telah diemban dengan sangat baik oleh Marsda TNI Eko Dono Indarto. “Untuk itu, perkenankan saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Marsekal Muda TNI Eko Dono Indarto atas dedikasi dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama memimpin akademi angkatan udara,” ungkapnya.

Marsekal TNI Fadjar pun turut mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada Asiana Eko Dono Indarto, atas kesetiaan dan dukungan yang diberikan kepada Marsda TNI Eko D. Indarto dalam menjalankan tugasnya selama ini. “Semoga marsekal dan ibu senantiasa mendapat petunjuk dan pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa dalam jenjang karir dan penugasan berikutnya,” kata Marsekal TNI Fadjar.

Adapun kepada Marsma TNI Wayan Superman selaku Gubernur AAU yang baru, selain mendoakan kelancaran dalam bertugas, juga berpesan, agar Marsma TNI Wayan dapat segera beradaptasi dalam penugasan sebagai Gubernur AAU. “Persiapkanlah karakter taruna AAU dengan sebaik-baiknya karena masa depan TNI Angkatan Udara berada di tangan mereka,” tegasnya.

Tidak luput, Marsekal TNI Fadjar juga mengucapkan selamat kepada Erika Wayan Superman yang kini mengemban tugas sebagai Ketua PIA Ardhya Garini CBS AAU sekaligus sebagai ibu asuh taruna AAU. “Dibalik keberhasilan suami, tentu ada dukungan moril yang tulus dari istri dan keluarga. Saya optimis dengan kolaborasi yang baik antara gubernur beserta istri, lembaga Akademi Angkatan Udara ini akan berkembang semakin maju sebagaimana yang kita cita-citakan bersama,” tutupnya. (Han/Ip/Rd)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: