28 Des 2020

ASDEPSI 2020 Diharapkan Lahirkan Kebijakan Administratif

Yogyakarta (27/2/2020) jogjaprov.go.id - Layaknya sebuah pertandingan olahraga, peran sekretaris diibaratkan sebagai kapten yang memimpin tim di lapangan atas dasar pengalaman dan pengaruh besarnya kepada segenap tim serta manajer. Oleh karenanya, sekretaris memiliki peranan yang cukup vital dalam mendukung kinerja tim, tak terkecuali peran sekretaris pada institusi seperti Sekretaris DPRD.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji saat menghadiri Forum Komunikasi Asosiasi Sekretaris DPRD Seluruh Indonesia (ASDEPSI). Agenda yang digelar di Ballrom Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Minggu (27/12) malam tersebut juga dihadiri Ketua ASDEPSI sekaligus merangkap sebagai Plt Sekretaris DPRD Provinsi DKI Jakarta Hadameon Aritonang dan Ketua DPRD DIY Nuryadi.

Lebih lanjut, Aji menyampaikan bahwa tugas-tugas anggota dewan menuntut kemampuan fasilitasi dan mediasi, kesiapan menjadi penghubung antar sub-sistem, agar seluruh sistem dapat bergerak bersama. "Inilah tugas Sekretaris DPRD dalam mengorkestrasi, agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada legislatif, dalam merenda demokrasi, mewujudkan kesejahteraan negeri," jelas Aji. Aji berharap, forum ini dapat menjadi sarana bertukar pikiran, menyebarkan praktik baik merujuk pada pengalaman yang dialami, dan inovasi yang telah dilakukan di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Aji menganggap bahwa peran sekretaris juga sebagai fasilitator kegiatan anggota DPRD. "Terlebih, mobilitas anggota dewan sangat tinggi, sehingga memerlukan perhatian ekstra dalam memfasilitasi kegiatan dan aktifitas mereka, sekaligus menjaga keselamatan kerja segenap aparatur DPRD," tambahnya. 

Sementara itu, Ketua DPRD DIY Nuryadi, juga mengutarakan harapannya agar pertemuan tersebut mampu melahirkan pemikiran tentang kebijakan administratif, khususnya yang mendukung kinerja pokok anggota DPRD DIY. "Ada dua hal yang saya harapkan dapat lahir dari pertemuan ini, yakni pengesahan persepsi kebijakan administratif dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam melaksanakan fungsi dan tugas masing-masing," pesan Nuryadi. 

Forum ASDEPSI sendiri akan digelar selama dua hari, yakni Senin (28/12) dan Selasa (29/12) yang akan membahas persoalan strategis terkait kebijakan administratif yang mendukung tugas pokok dan tugas fungsi anggota DPRD. Termasuk di dalamnya tata cara pelaksanaan program dan kebijakan pada masa pandemi. Selain itu, salah satu program kerja untuk tahun 2021 dan krusial untuk dituntaskan dalam waktu dekat adalah penyesuaian Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2020 tentang Standar Harga Satuan Regional. 

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa perwakilan Sekretariat DPRD di Indonesia seperti Sekretariat DPRD Sumatera Barat, Sekretariat DPRD Banjarmasin, Sekretariat DPRD Jawa Barat, Sekretariat DPRD Gorontalo dan sebagainya. Adapun seremonial pembukaan dilakukan dengan pemukulan gong oleh Ketua DPRD DIY Nuryadi dengan didampingi Sekda DIY serta Ketua ASDEPSI serta disaksikan oleh para hadirin. [vin]

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: