10 Feb 2022

Bina Performa dan Kualitas, Pemda DIY Gandeng Shopee Buka Kampus UMKM

Yogyakarta (10/02/2022) jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X meresmikan Kampus UMKM di halaman Dinas Koperasi UKM (Diskop UKM) DIY, Jl. HOS Cokroaminoto, Kota Yogyakarta, Kamis (10/02) sebagai sebuah upaya untuk mewujudkan UMKM naik kelas. 

Kampus UMKM ini merupakan wujud kolaborasi antara OPD DIY dalam hal ini Dinas Koperasi dan UMKM DIY dengan PT. Shopee Internasional Indonesia. Peresmian dilakukan secara simbolis dengan memotong rangkaian bunga melati oleh Sri Paduka, didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY Srie Nurkyatsiwi, Koordinator ICSB DIY GKR Bendara, serta Head of Government Relations Shopee Indonesia Balques Manisang. 

Sri Paduka mengatakan Pemda DIY mengapresiasi atas sinergi, realisasi, dan implementasi Shopee dalam mendukung UKM DIY. “Di tengah pandemi Covid-19, UMKM merupakan penggerak perekonomian DIY yang didominasi industri mikro dan kecil sebesar 98,4%, serta penyerapan tenaga kerja yang mencapai 79%. Hadirnya Kampus UMKM Shopee ini dapat menjembatani kebutuhan UKM DIY dalam mempermudah dan mempercepat digitalisasi UMKM DIY di tengah banyaknya produk luar yang membanjiri pasaran Indonesia dan DIY,” jelas Sri Paduka. 

Besar harapan Sri Paduka, Shopee dapat bersinergi dengan SiBakul Jogja dalam membantu perkembangan ratusan ribu UKM DIY, sekaligus meningkatkan daya serap tenaga kerja di DIY untuk turut dalam mempercepat pemulihan ekonomi daerah dan nasional. Adapun SiBakul merupakan pusat data Koperasi dan UMKM yang menjadi wadah seluruh kegiatan pembinaan Koperasi dan UMKM DIY"SiBakul Jogja menjaga soliditas, keterbaruan, akurasi dan integritas data Koperasi dan UMKM DIY denganmembantu memberi gambaran yang tepat postur kekuatan Koperasi dan UMKM DIY," imbuh Sri Paduka. 

Keinginan tersebut diharapkan dapat diupayakan melalui program dan fasilitas yang ada di Kampus UMKM Shopee ini seperti edukasi bagi UMKM, pendampingan bisnis, hingga fasilitas pendukung performa bisnis UMKM. Fasilitas pendukung tersebut meliputi ruangan training, ruangan rapat, studio foto, ruangan live streaming, pusat edukasi dan simulasi sistem gudang, dan area pameran. Salah satu fasilitas terbaru yang saat ini hadir di Kampus UMKM Shopee DIY adalah coworking space, sebagai area bersama yang dapat digunakan para UMKM untuk bertukar pikiran dan berbagi informasi terkait keterampilan digital. 

Adapun Kepala Diskop UKM DIY Srie Nutkyatsiwi, menuturkan bahwa pada tahun 2022 ini, Pemda DIY ingin membangkitkan kembali semangat lebih dari 300ribu pelaku usaha UMKM DIY yang terus meningkat secara signifikan berdasarkan data Sibakul Jogja. “Oleh karena itu, Diskop UKM DIY bersama Shopee, memberikan solusi nyata melalui program edukasi dari hulu ke hilir sehingga mampu meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan menjadi inspirasi bagi UMKM lokal untuk tetap tangguh di era 4.0 ini,” jelas Siwi, sapaan akrabnya. 

Siwi berharap, Kampus UMKM Shopee ini dapat memberikan pembinaan kepada lebih dari ribuan pelaku usaha dan dapat menjadi ajang komunikasi, bisnis, informasi, diskusi sekaligus menjalin komitmen bersama baik internal UMKM maupun UMKM dengan konsumen.

Sementara, Head of Government Relations Shopee Indonesia, Balques Manisang menyampaikan bahwa Kampus UMKM Shopee yang didirikan di Jogja adalah kampus kelima setelah sebelumnya didirikan di Solo, Bandung, Semarang, dan Jakarta.

“Kampus ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak UMKM di wilayah DIY agar dapat naik kelas dengan mudah melalui penerapan literasi digital, bahkan sesederhana memaksimalkan penjualan melalui smartphone. Kami berterima kasih kepada Pemda DIY atas kepercayaan, dukungan dan sinergi yang diberikan untuk dapat bersama-sama mendukung UMKM di DIY melalui Kampus UMKM,” tutup Balques. [vin]

 

HUMAS DIY 

Bagaimana kualitas berita ini: