25 Jan 2022
  Humas Berita,

BPK Tunjukan Kiprahnya dengan Leading by Example

Yogyakarta (25/01/2022) jogjaprov.go.id – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengikuti upacara bendera dalam rangka peringatan HUT ke-75 Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) secara daring dari Ruang IDMC, Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Selasa (25/01). Turut hadir mendampingi Gubernur DIY, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Setda DIY. Sumadi, S.H. M.H., dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) DIY Wiyos Santoso, SE. M.Acc.

Dalam amanat yang disampaikan saat upacara, Ketua BPK RI  Dr. Agung Firman Sampurna, CSFA., CFrA., CGCAE., QGIA menyampaikan bahwa BPK mampu bertahan dan berkembang dalam situasi tekanan pandemi CoViD-19, untuk menjalankan tugas melakukan pemeriksaan terhadap pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

“Adalah kehormatan dan kebanggaan bagi kami untuk mendampingi BPK melewati masa-masa sulit yang penuh dengan tekanan karena pandemi CoViD-19, karena menyelamatkan keuangan negara dan dana jutaan nasabah lembaga pengelola dana pensiun dan yang paling menantang adalah mendorong dan mengembangkan proses transformasi organisasi di BPK,” ucapnya.

Saat ini BPK berulang tahun ke-75. Ulang tahun ke-75 biasa disebut sebagai ulang tahun berlian. Ketua BPK RI menyebutkan ulang tahun ke-75 adalah capaian yang luar biasa, merupakan tahapan yang istimewa dalam usia organisasi. “Secara proses, berlian dihasilkan oleh tekanan yang luar biasa yang sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan karakter fisik yang keras, indah, bercahaya, dan bernilai tinggi,” ungkapnya.

Demikian pula dengan BPK, di usianya yang ke-75 BPK banyak meraih prestasi. Ketua BPK RI menjelaskan, tahun ini BPK menerima lebih dari 30 penghargaan di tingkat nasional baik untuk satker pusat maupun perwakilan. Penghargaan nasional itu mulai dari tingkat popularitas di media, jurnal, sumber daya manusia hingga penetapan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.

Ia juga menyampaikan bahwa secara nasional sebagai lembaga publik dalam dua setengah tahun terakhir ini BPK benar-benar telah menunjukkan kiprahnya, Leading by example, memimpin dengan memberi contoh.

Pengakuan atas kiprah BPK itu bahkan tidak saja hanya selevel nasional tetapi juga pada level regional, kontinental, dan bahkan internasional. Hal ini dibuktikan dengan dipercayanya BPK menjadi wakil ketua panel Auditor Eksternal PBB 2021-2022.

“Tentu saja kebanggaan ini tidak boleh membuat kita berpuas diri bahkan lengah dan terlena, kita perlu menjaga agar peran BPK tidak semata memenuhi kewajiban konstitusionalnya tetapi sejalan dengan value dan benefit making different tujuan audit BPK, terus meningkatkan nilai dan manfaat kehadirannya agar relevan dengan memenuhi ekspektasi masyarakat dan para pemangku kepentingan,” pesan Ketua BPK RI dalam amanatnya.

“Kita patut bersyukur dan berbangga bahwa tingkat kepuasan pemangku kepentingan atas manfaat hasil pemeriksaan BPK dalam 2 tahun terakhir terus meningkat bahkan melebihi target yang ditetapkan, bahkan tingkat kualitas dan manfaat tata kelola keuangan negara berdasarkan hasil pemeriksaan BPK juga meningkat dalam 2 tahun terakhir ” terangnya. 

Di akhir amanatnya Ketua BPK RI berpesan “Mari dengan semangat akuntabilitas untuk semua kita jaga dan tingkatkan komitmen kebersamaan dan kompetensi untuk terus menolong keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat dalam rangka mewujudkan tujuan bernegara untuk BPK yang lebih baik, yang tangguh, dan terus tumbuh untuk Indonesia yang lebih baik, yang maju, dan sejahtera.” (fk)

 

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: