22 Sep 2016
  Humas Berita,

British Library Serahkan Manuskrip Digital

YOGYAKARTA – (22/09/2016) jogjaprov.go.id Dato’ Dr. Annabel The Gallop sebagai perwakilan dari The British Library Kamis (22/09) siang ini berkunjung ke Komplek Kepatihan, Yogyakarta. Kedatangan perempuan yang menjabat Lead Curator Southeast Asian Studies di The British Library ini didampingi oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY beserta staf BPAD DIY lainnya dengan tujuan utama menyerahkan manuskrip digital asal Yogyakarta kepada Gubernur DIY.  

“Kami ucapkan selamat datang. Kemudian kami berterima kasih atas apa yang telah The British Library lakukan.”, sambut Gubernur DIY kepada Dr. Annabel. Gubernur DIY kemudian menuturkan bahwa sudah dari beberapa waktu yang lalu, Pemda DIY berusaha untuk mengumpulkan naskah-naskah klasik. Digitalisasi naskah relatif mampu menjadi solusi sementara karena tempat yang ada belum mencukupi untuk menyimpan naskah-naskah tersebut.

Dr. Annabel merasa terhormat bisa bertemu langsung dengan Gubernur DIY yang sekaligus menjadi Raja Kraton Ngayogyakarta. Lead curator yang sering bekerjasama dengan Peter Carey ini mengungkapkan bahwa saat ini di The British Library ada sekitar 600 manuskrip tentang Indonesia, 300 manuskrip tentang Jawa, dan 75 manuskrip yang secara spesifik berisi tentang Kraton Ngayogyakarta.

“Tahun ini, kami telah menyelesaikan proses digitalisasi empat judul naskah diantaranya adalah Serat Jaya Lengkara dan surat-surat resmi dari Kraton Ngayogyakarta.”, seru Dr. Annabel. Proses digitalisasi manuskrip tersebut menghadapi tantangan tersendiri mulai dari pemilihan judul, pengecekan kondisi fisik manuskrip, proses pemotretan dengan high resolution, hingga proses pengunggahan di media daring.

Sementara itu, Budi Wibowo, S.H., M.M. selaku Kepala BPAD DIY menuturkan bahwa kesempatan seperti ini sangat membantu dalam menambah koleksi-koleksi langka yang dimiliki BPAD DIY. Berikutnya, BPAD DIY berencana untuk melakukan alih aksara kemudian mengalihbahasakan manuskrip-manuskrip tersebut. (alh)

Bagaimana kualitas berita ini: