09 Jun 2022
  Humas DIY Berita,

BSI UMKM Center Yogyakarta Diharap Bersinergi dengan SiBakul Jogja

Yogyakarta (09/06/2022) jogjaprov.go.id – BSI (Bank Syariah Indonesia) UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Center Yogyakarta diharapkan dapat bersinergi dengan SiBakul Jogja. Hal tersebut sebagaimana diketahui bahwa SiBakul Jogja merupakan pusat data Koperasi dan UMKM yang menjadi wadah seluruh kegiatan pembinaan Koperasi dan UMKM di DIY.  

Demikian disampaikan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, saat membacakan sambutan Gubernur DIY dalam acara Peresmian BSI UMKM Center Yogyakarta yang terletak di Jl. Doktor Sutomo No. 8, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta pada Kamis (09/06) pagi. Hadir pula dalam acara tersebut Direktur Compliance and Human Capital PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. Tribuana Tunggadewi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY Budiharto Setyawan, Kepala OJK Regional 3 Jateng dan DIY Aman Santosa, Kepala OJK DIY Parjiman, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah DIY, Ketua Pengurus Wilayah NU DIY serta hadirin tamu undangan lainnya.

“Di mana program SiBakul Jogja harapannya dapat membantu perkembangan ratusan ribu UMKM di DIY dalam mempercepat pemulihan ekonomi daerah dan nasional,” jelas Sri Paduka.

Dikatakan Sri Paduka, Presiden RI Joko Widodo menyatakan bahwa bentuk kemitraan dengan perusahaan besar diperlukan UMKM untuk tumbuh kompetitif dan turut berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan. Pemerintah mendorong kemitraan kedua pihak tersebut dengan harus terus berkembang dan dikembangkan dengan prinsip saling menguntungkan hingga dapat berdaya saing di pasar global.

“Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta menyambut baik dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk atas sinergi, realisasi, dan implementasi untuk mendukung UMKM dengan mendirikan Bank Syariah Indonesia Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (BSI UMKM) Center Yogyakarta,” tutur Sri Paduka.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. Hery Gunardi menyampaikan terima kasih kepada segenap jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) DIY beserta seluruh stakeholder atas kepercayaan yang diberikan kepada BSI untuk menjadi mitra strategis dalam mengembangkan dan memperluas ekosistem halal, khususnya dalam bidang UMKM. “Merupakan kebanggaan bagi kami dari BSI sebagai Bank Syariah terbesar di Indonesia untuk bisa berpartisipasi dalam rangka memperkuat perekonomian masyarakat di DIY,” ucap Hery.

Hery mengatakan, Yogyakarta merupakan daerah yang sangat istimewa dan strategis. Yogyakarta terkenal sebagai daerah yang sarat akan budaya Jawa yang adiluhung, daerah dengan ribuan komunitas anak muda kreatif, daerah wisata, kota pelajar, serta merupakan kota seniman yang dapat menjadi contoh untuk mengembangkan UMKM bagi daerah lainnya.

Dikatakan Hery, kali ini BSI khusus memberikan perhatian kepada UMKM. BSI memilih Yogyakarta untuk pembangunan UMKM Center secara nasional, kedua setelah Aceh.

Hery menyebutkan, UMKM menjadi tulang punggung pemulihan ekonomi nasional dengan kontribusi sebesar lebih dari 61% atau senilai Rp.8.573,9 triliun pada PDB Indonesia tahun lalu. Di DIY sendiri tercatat, terdapat kurang lebih 521 ribu unit UMKM. Hery mengungkapkan, jumlah tersebut adalah jumlah yang banyak dan memerlukan perhatian khusus serta perhatian yang lebih intensif.

“Karena itulah, hari ini kita berkumpul di sini meresmikan UMKM Center sebagai salah satu wujud nyata dukungan BSI untuk pengembangan dan menaikan kelas UMKM yang ada di DIY. Dengan adanya peresmian UMKM Center ini, ke depan kami berharap dapat terus bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan yang ada di DIY untuk membangun ekonomi syariah yang lebih kuat,” terang Hery.

BSI UMKM Center merupakan wadah berkumpulnya UMKM untuk mendapatkan pelatihan, pendampingan, display produk UMKM, dan kegiatan lainnya. Selain itu, BSI UMKM Center juga merupakan bentuk nyata dukungan BSI terhadap UMKM di Indonesia.

Peresmian BSI UMKM Center Yogyakarta dilakukan dengan penancapan gunungan wayang pada pelepah pisang, penandatanganan prasasti, dan diikuti dengan pemotongan pita. Peresmian BSI UMKM Center Yogyakarta kemudian diakhiri dengan live tour Kantor BSI UMKM Center Yogyakarta yang diikuti oleh Wakil Gubernur DIY bersama Direktur Utama PT. BSI Tbk.

Adapun Kantor BSI UMKM Center Yogyakarta dibagi atas enam ruangan, yaitu ruang pelatihan, pembinaan, dan pendampingan; ruang informasi dan konsultasi; ruang display produk UMKM; ruang co working space; ruang komunitas UMKM BSI; dan ruang campaign branding UMKM BSI. Komunitas UMKM dapat menikmati pelatihan yang diselenggarakan di BSI UMKM Center Yogyakarta atau bisa juga mengikuti pelatihan online melalui Portal Go UMKM by BSI. (Han)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: