23 Apr 2018
  Humas Berita,

Kesenian DIY Meriahkan Jamuan Makan Malam Asia Pacific Rainforest Summit

Yogyakarta (23/04/2018) jogjaprov.go.id – Suguhan budaya Daerah Istimewa Yogyakarta meriahkan Gala Dinner The 3rd Asia Pacific Rainforest Summit di Mataram International Convention Center (MICC), The Alana Hotel, Yogyakarta, Senin (23/04) malam. 

Setelah satu hari berlangsung dengan paparan dan diskusi, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc didampingi Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menerangkan, sejumlah 600 peserta dari berbagai negara diajak untuk beristirahat sejenak menikmati suguhan budaya dari Jogja dengan berbagai tarian khas Jogja, alunan angklung, dan tembang keroncong.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Menteri bidang lingkungan hidup dan kehutanan dari berbagai negara Asia Pacific, Duta Besar Australia untuk Indonesia, dan para delegasi dari berbagai negara. 

“Karena di DIY ini merupakan salah satu kota budaya sekaligus kota pendidikan. Semoga dengan dihadirkan suasana seperti ini membuat acara ini lebih kondusif,” tutur Menteri KLHK RI saat memberikan sambutan jamuan makan malam.

Menteri KLHK RI berharap, semoga Asia Pacific Rainforest Summit yang ke-3 dapat berkontribusi dalam melindungi hutan tropis dan peningkatan pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, pentingnya  berkolaborasi antar satu sama lain dengan harapan dapat sepenuhnya membantu lingkungan dari aspek sosial, ekonomi, dan kemanusiaan. “Saya percaya, sudah saat saatnya kita membutuhkan perubahan untuk kemajuan sumber daya alam hutan tropis,” ucapnya.

Di akhir sambutan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc mengajak para peserta untuk menikmati panorama alam yang berada di DIY. “Nantinya, di tanggal 25 April akan berkunjung ke destinasi Taman Nasional Gunung Merapi dan Hutan Wanagama Gunungkidul. Saya harap, anda semua dapat kembali lagi ke DIY, ke Indonesia untuk berwisata,” ucapnya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Energi Australia, The Hon Josh Frydenberg menyampaikan rasa apresiasi kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yang sudah menggelar APRS ke-3 dengan sukses di Yogyakarta. “Ini menjadi sebuah pencapaian prestasi bagi kota Jogja dalam menyelenggarakan konferensi sebesar dan sesukes ini, terima kasih,” ucap Menteri LHE Australia.

Dalam akhir sambutannya, The Hon Josh Frydenberg  menyampaikan, membangun kolaborasi menjadi hal penting dalam wujudkan misi melestarikan dan melindungi hutan tropis. Dengan harapan, kontribusi tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. “Disamping itu, kolaborasi yang dijalin dengan pemerintah Indonesia dicanangkan tahun ini guna menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi Asean. Harapannya, hubungan kedua negara ini menjadi lebih kuat,” jelas Menteri LHE Autralia. (Rk)

HUMAS DIY

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: