18 Agt 2023

“Cemumuah” Transaksi Cepat Mudah Murah dan Handal dengan QRIS

Yogyakarta (18/08/2023) jogjaprov.go.id – Dalam rangka Pekan QRIS Nasional Tahun 2023 Bank Indonesia menggandeng Bank BPD DIY menyelenggarakan kegiatan Senam Pagi PEMDA DIY di halamanPendopo Wiyoto Projo, Komplek Kepatihan, Jumat (18/08).

Dalam sambutannya Sekda DIY, Beny Suharsono mengapresiasi kolaborasi antara Perwakilan Bank Indonesia DIY dan Bank BPD DIY yang telah menyelenggarakan Pekan QRIS Nasional 2023 di Komplek Kepatihan dengan kegiatan senam pagi bersama bagi para ASN serta penyediaan tenan untuk promosi experience scan QRIS. “Salah satu akselerasi yang kami upayakan adalah tagline cepat mudah murah dan handal.”

Adapun Santoso Rohmad, selaku Direktur Utama Bank BPD DIY menginformasikan, dalam rangka menyemarakan Pekan QRIS Naisonal 2023 bank BPD DIY diinisiasi oleh Bank Indonesia, pada kesempatan senam pagi ini meyediakan beberapa tenan rekanan Bank BPD DIY seperti Nasi Bakar Mentik Wangi, Soto Sop, Jenang Tiga Belas Rasa, Pecel Jeng Rina, dan Es Kopi Kave. Peserta senam dapat melakukan experience scan QRIS dan melakukan donasi digital kepada Panti Asuhan Islam Ibadah Bunda  dengan minimal transaksi Rp1,00. Hal ini dilakukan guna mempebanyak kuantitas pemakaian QRIS. Ada sekitar lima ribu pengguna mobile banking dikalangan ASN DIY. Ini merupakan pencapaian luar biasa. Patut kita berikan apresiasi. “Kita berharap dengan Pekan QRIS ini akan terjadi peningkatan penggunaan QRIS dan dengan experience scan QRS diharapkan ASN bisa menjadi duta QRIS BPD DIY di masyarakat yang lebih luas lagi.  

Senam pagi diikuti oleh seluruh ASN OPD PEMDA DIY di lingkungan Komplek Kepatihan. Senam bertajuk Zumba dimulai pukul 07.00 WIB. Antusias peserta tampak dari gerakan senam yang kompak nan penuh semangat. Panitia juga telah menyediakan berbagai doorprize mercandhise BPD yang siap dibagikan kepada peserta senam dengan grandprize satu buah TV LED 32 inch. Selain itu, ada pula pemeriksaan tensi, kolesterol, asam urat dan gula darah secara gratis serta pameran otomotif dan layanan samsat keliling yang diselenggarakan bersama BPKA DIY.

Sementara itu, Ibrahim dari Perwakilan Bank Indonesia DIY menyampaikan, tujuan dari Pekan QRIS Nasional ini adalah untuk meningkatkan awareness dan semakin mempopulerkan standar pembayaran digital QRIS sebagai metode pembayaran yang semakin meluas dan merakyat. Adapun puncak perayaan Pekan QRIS Nasional 2023 di DIY akan diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu, 19-20 Agustus 2023di Jogja City Mall, dimana akan ada talkshow mengenai Perlindungan Konsumen, wahana/games untk experience QRIS, pameran UMKM, dan hiburan. 

“Mari kita terus mengajak pengguna baru untuk meraskaan kemudahan transaksi menggunakan QRIS dan mendekatkan layanan pembayaran QRIS kepada masyarakat, kami berharap semangat perluasan dan akselerasi pembayaran digital tidak hanya berhenti pada Pekan QRIS Nasional ini , namun juga dapat terus berlanjut pasca acara ini selesai,” ucapnya. ”Melalui sinergi yang kuat antara Bank Indonesia, Pemerintah Daerah DIY, perbankan dan masyarakat, kita yakin perluasan QRIS akan terus berlanjut dan memberikan manfaat yang semakin besar bagi DIY,” ucapnya lebih lanjut.

Pekan QRIS sudah diinisiasi oleh Bank Indonesia sejak 17 Agustus 2019. Pekan QRIS Nasional hadir setiap tahunnya pada bulan Kemerdekaan sebagai momentum untuk mendorong perluasan QRIS di seluruh penjuru negeri. Sebagai inovasi layanan pembayaran digital, QRIS bermanfaat dalam mendorong efisiensi perekonomian, mempercepat keuangan inklusif, dan memajukan UMKM. Karena tidak dapat dipungkiri, keberadaan QRIS memberikan kemudahan bagi konsumen dan pedagang untuk melakukan transaksi.

“Dua tahun terakhir Pekan QRIS ditujukan untuk memperkuat ekosistem, penggunaan kepada pedagang dan UMKM, jadi selain pedagang, pengguna/ masyarakat juga kita kembangkan, di seluruh daerah kita dorong masyarakat untuk dapat bertransaksi secara Cepat, Mudah, Murah dan Handal (Cemumuah) sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan,” ujarnya.

Adapun kedepannya QRIS akan terus berkembang, terutama dari aspek fitur pendukungnya, antara lain: penyesuaian tarif Merchant Discount Rate (MDR) QRIS segmen usaha mikro berdasarkan nominal per transaksi secara progresif yakni transaksi sampai dengan Rp100.000,00 dikenakan MDR 0% dan diatas Rp100.000,00 dikenakan MDR 0,3%. Dengan masa berlaku efektif secepat-cepatnya 1 September 2023 dan selambat-lambatnya 30 November 2023 sesuai kesiapan sistem industri.

Selain itu, ada pula QR Crossborder/ Antarnegara yang kini dapat digunakan bertransaksi di Thailand, Malaysia dan Singapura.  Dan juga yangbaru saja di launching pada 17 Agustus 2023 yaitu, QRIS Tuntas (Tarik Tunai-Transfer-Setor Tunai). QRIS kini tidak hanya dapat digunakan untuk pembyaran, namun juga untuk kepentingan transfer antardana pengguna QRIS, tarik tunai, dan setor. (Pj/Fk/St)

Humas Pemda DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: