21 Okt 2022
  Humas DIY Berita,

Dari Mozart Hingga Budhi Ngurah, Suguhan Apik MSO Dan YMC IV 2022

Bantul (21/10/2022) jogjaprov.go.id - Satu panggung dengan Melbourne Symphony Orchestra (MSO), 25 pemusik muda berbakat asal DIY memainkan karya-karya besar Mozart, Deborah Cheetam, Edvard Grieg dan Budhi Ngurah. Dua puluh lima orang ini adalah mereka yang  lolos audisi untuk bergabung dalam Youth Music Camp IV tahun 2022.

Wagub DIY KGPAA Paku Alam X menyaksikan langsung Konser Kolaborasi Melbourne Symphony Orchestra dan Youth Music Camp (YMC) IV Tahun 2022, Jumat (21/10) di Laboratorium Seni ISI Yogyakarta, Bantul. Diketahui, MSO secara internasional telah memiliki nama besar. Merupakan kesempatan yang sangat baik ketika talenta-talenta pemusik muda mampu bekerjasama dengan MSO sejak tahun 2015 lalu. Kolaborasi penuh harmoni bersama MSO, orkestra tertua di Australia, para talenta muda DIY ini mampu menampilkan suguhan berkelas untuk dinikmati.

Kerjasama ini menurut Sri Paduka adalah wujud pengembangan visi bersama melalui pertukaran budaya, berbagi pengetahuan, dan kolaborasi. Pagelaran konser orkestra ini diharapkan mampu mengangkat citra Yogyakarta sebagai kota seni budaya di kancah internasional. Sri Paduka berharap para talenta muda milik DIY ini mampu mengambil kesempatan menimba ilmu dengan sebaik-baiknya.

"Saya berharap kalian semua mendapatkan banyak manfaat, tidak hanya ilmu musik tetapi juga manajemen terkait bagaimana cara mempertahankan sebuah orkestra tetap solid seperti halnya Melbourne Symphony Orchestra," kata Sri Paduka.

Konser ini menghadirkan sajian musik yang cukup istimewa. Konser tersaji dalam balutan full orchestra, berkolaborasi dengan beberapa pihak seperti solois alat musik, vokal, dan choir untuk turut memperkaya nada dan irama, dalam beberapa repertoar yang akan disajikan.

Dengan disaksikan Sri Paduka, dilakukan pula Penandatanganan Pembaharuan Technical Arrangement 2022-2024 antara Melbourne Symphony Orchestra dengan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kerja sama selama ini sejak tahun 2015 telah berjalan dengan baik, dan diharapkan bisa semakin baik.

"Saya berharap ke depan menjadi semakin baik dengan menambah aktivitas kolaboratif kedua pihak dalam menyajikan program pertunjukan lintas budaya, Youth Music Camp yang dilaksanakan rutin setiap tahun, serta pertukaran pengetahuan," ungkap Sri Paduka.

Konsulat Jendral Autralia di Surabaya, Fiona Hoggart mengatakan, dari semua daerah yang ada di dunia, berada di DIY adalah ‘pulang’. Persahabatan antara DIY dan Melbourne memang sedikit istimewa menurutnya. Banyak hal yang membuat DIY begitu istimewa bagi Fiona, salah satunya adalah para talenta muda.

“Melalui musik, Australia dan Indonesia memilikin harapan sama untuk bia mewujudkan kawasan Asia Pasifik yaitu damai sejahtera. Kemitraan ini juga spesial mengingat musik bahasa yang universal,” kata Fiona.

Fiona berharap, melalui program ini, DIY mampu melahirkan generasi mumpuni yang mampu menyuarakan bahasa perdamaian di dunia melalui musik. Bagaimana pun tujuan dari setiap kerjasama adalah meningkatkan persentase hal positif. Oleh karenanya, dukungan penuh dari Pemda DIY untuk mengembangkan minat generasi mudanya patut diapresiasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Dian Lakhsmi Pratiwi melaporkan, Youth Music Camp IV yang diikuti 25 peserta ini diselenggarakan di Kaliurang seama 4 hari. Disana, para peserta digembleng langsung oleh 5 instruktur dari MSO.  Camp telaksana sejak tanggal 17 - 21 Oktober. Mereka disiapkan untuk memiliki kematangan ketika harus tampil ke publik. Dari 25 peserta menurut Dian, diambil 2 nama yang berhak internship di MOS tahun 2023 mendatang. Kesempatan ini lah yang diperebutkan oleh para musik muda ini.

“Puncak acara Youth Music Camp IV adalah konser kolaborasi yang kita saksikan ini. Mereka berkolaborsi konser musik ini dengan sangat baik,” kata Dian.

Dirinya menambahkan, melalui orkestra, terjalin hubungan yang kuat dan simbol dari komitmen bersama warga Australia dan warga Indonesia untuk semakin mengenal satu sama lain. Bagi musisi muda, mendapat pelatihan dan bimbingan dari musisi profesional adalah sebuah kesempatan sangat berharga untuk meningkatkan kualitas keterampilan bermusik. (uk/ts/jon/Fah)

Humas Pemda DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: