06 Mar 2024
  Humas DIY Berita,

Dekranasda DIY Berkomitmen Tingkatkan Perkembangan Kerajinan

Sleman (06/03/2024) jogjaprov.go.id - Dewan Kerajinan Nasional atau Dekranasda DIY, berkomitmen meningkatkan perkembangan kerajinan. Dekranasda menjadi mitra bagi pemerintah untuk mewadahi hasil karya, yang tidak hanya bernilai seni dan penuh kreativitas, namun juga bernilai ekonomi tinggi.
 
Ketua harian Dekranasda DIY GKBRAA Paku Alam mengatakan, secara bertahap, Dekranasda DIY mampu menjawab berbagai permasalahan di dunia kerajinan. Masalah tersebut menurut Gusti Putri dapat diurai melalui jalinan kerjasama dengan berbagai pihak, serta mendorong semangat berkreasi dan berinovasi dalam menciptakan aneka produk inovatif. 
 
"Yogyakarta adalah penyandang gelar Internasional World Batik City, jadi kita wajib untuk mempertahankan gelar tersebut. Dengan kata lain kita harus mengembangkan, mengedukasi masyarakat agar dapat memanfaatkan gelar tersebut sebaik-baiknya. Dekranasda DIY sebagai pengampu kegiatan kerajinan akan selalu mendorong kemajuan kerajinan termasuk batik di Yogyakarta," jelas Gusti Putri pada Rakorda Dekranasda DIY 2024 pada Rabu (07/03) di RAH, Sleman. 
 
Gusti Putri mengatakan, dengan berbagai tantangan masa depan, pengurus Dekranasda DIY saya harapkan dapat menyusun program yang mendukung pengembangan kerajinan, menjadi sebuah gerakan perubahan dan pembaharuan menuju lebih baik. Hal ini agar mewujudkan  cita-cita dari Yogya untuk Indonesia dan Dunia, dapat tercapai.
 
"Saya berharap kepada Pengurus Dekranasda tetap bersemangat di sela-sela kesibukan dan tanggung jawab yang lain untuk lebih meningkatkan kinerjanya dalam berkoordinasi, bersinergi, dan berintegerasi dengan semua komponen atau pemangku kepentingan," ungkap Gusti Putri.
 
Wakil Ketua 1 Dekranasda DIY, Gatot Saptadi melaporkan, Rakerda Dekranasda DIY tahun 2024, merupakan lembaga independen dan nirlaba sebagai wadah para pemangku kepentingan di bidang seni dan kerajinan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai mitra dan kepanjangan tangan Pemda DIY. Dekranasda DIY  berfungsi menggali, melindungi, melestarikan, membina dan mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa.
 
Gatot mengatakan, sebagai mitra Pemda DIY, Dekranasda harus dapat menyusun dan melaksanakan program kegiatan yang sesuai dengan kebijakan pengembangan industri kecil ataupun kerajinan di DIY. Guna memenuhi kebijakan tersebut, perlu diselenggarakan rapat kerja daerah Dekranasda DIY untuk membahas rencana kegiatan tahun 2024. Serta, perlu ada sinergi dengan program kerja Dekranasda kota dan kabupaten yang harus sejalan dengan kebijakan dengan Pemda DIY.
 
Rakerda kali ini merupakan amanat dan didasarkan pada AD ART Dekranas pada bab 7 pasal 16 tentang pelaksanaan Rakerda. "Tujuan Rakerda ini adalah memfasilitasi kegiatan tahunan Dekranasda DIY. Juga menyusun jadwal kegiatan Dekranasda DIY tahun 2024," jelas Gatot.
 
Mengambil tema Peningkatan Sinergi untuk Memperkuat Kelembagaan, Dekranasda DIY dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 6 Maret tahun 2024 pada pukul 09.00 hingga pukul 13.00 WIB, di Royal Ambarrukmo Hotel. Rakerda diikuti oleh pengurus Dekranasda DIY, pengurus Dekranasda se-kabupaten/kota, instansi pemerintah dan instansi terkait. Jumlah peserta 85 orang, dengan materi paparan program kerja Dekranasda DIY tahun 2024 dan paparan mengenai membangun korporasi bisnis di lingkungan industri kecil kerajinan DIY. Juga paparan mengenai  peran pusat desain industri nasional dalam pengembangan industri kecil kerajinan di daerah DIY. Materi terakhir dukungan perbankan pada Dekranasda. (UK/Rd/tf)
 
Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: