03 Jun 2021

Dengan Bersepeda, Turut Perbaiki Kualitas Udara Yogyakarta

Yogyakarta (03/06/2021) jogjaprov.gp.id – Dalam rangka perayaan Hari Sepeda Internasional dan Hari Lingkungan Hidup Internasional, Sega Segawe Reborn menginisiasi gerakan Pekan Bersepeda yang akan berlangsung 5-11 Juni 2021 bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-DIY serta Komunitas “Yogya Lebih Baik”. Kegiatan ini mengajak seluruh masyarakat Jogja bersepeda sepanjang satu minggu dengan harapan kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan kebiasaan bersepeda kita sehari-hari namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan kedua dalam rangkaian acara ini adalah puncak acara yang akan dilaksanakan di Candi Prambanan pada tanggal 12 Juni mendatang yang diikuti komunitas sepeda dengan melakukan deklarasi dan penanaman pohon di Kompleks Candi Prambanan serta berkeliling kompleks candi dengan sepeda. Adapun tema yang akan diusung dalam kegiatan tesebut adalah: Wujudkan Sinergi Sepeda dan Lingkungan untuk mendukung Ekowisata Jogja Istimewa.

Menurut Wawali Kota Yogyakarta saat jumpa pers di Dinas Kominfo DIY, Kamis (03/06), gerakan bersepeda ini merupakan salah satu pengembangan Kota Yogyakarta. "Dengan bersepeda bisa upaya membangkitkan destinasi wisata yang bisa diakses dengan bersepeda beserta perekonomiannya. Di samping itu, untuk membangun jasmani warga Yogyakarta selain itu diharapkan emisi kendaraan bermotor bisa dikendalikan untuk mengurangi tingkat polusi udara di Yogyakarta dan mewujudkan kembali Joga sebagai kota sepeda," tukasnya. 

Hery Zudianto, mantan Walikota Yogyakarta dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa Jogja masih nikmat bermobilisasi dengan bersepeda. Dengan kegiatan tersebut juga akan membantu iklim menjadi lebih baik. Hery juga mengajak segenap warga Jogja untuk nikmati jogjamu sesuai keperluanmu. "Ramai-ramai bersepeda namun tidak bersepeda ramai-ramai, sesuai protokol kesehatan," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia penyelenggara Herman Dodi mengajak masyarakat untuk bersepeda di tanggal 5-11 Juni 2021, kemana pun, dimanapun dengan sepeda apapun. Agar gaungnya lebih menggema di kalangan yang lebih luas untuk memposting di sosial media masing-masing saat bersepeda dengan turut tag @segosegawereborn dan @jogjalebihbike. (teb)

Bagaimana kualitas berita ini: