28 Feb 2023
  Humas DIY Berita,

Disbud DIY Gelar Rangkaian Agenda, Sosialisasikan Hari Penegakan Kedaulatan Negara

Yogyakarta (28/02/2023) jogjaprov.go.id -- Serangan Umum 1 Maret 1949 merupakan sebuah peristiwa yang sangat penting maknanya bagi eksistensi dan penegakan kedaulatan negara, yang telah diproklamasikan pada 17 Agustus 1945. Para founding fathers di bawah kepemimpinan Sukarno, Mohammad Hatta, Panglima Besar Jenderal Soedirman, Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Syafruddin Prawiranegara dan tokoh-tokoh penting lainnya, berhasil mengajak seluruh komponen bangsa bahu membahu merebut kembali Ibu kota negara yang telah dikuasai oleh penjajah.

Sejarawan UGM Dr Sri Margana M.Hum mengatakan peristiwa Serangan Umum 1 Maret memiliki makna penting bagi penegakan dan pengakuan kedaulatan negara, Keberhasilan peristiwa ini telah meyakinkan masyarakat dunia, Indonesia masih ada dan pada akhirnya masyarakat dunia mendukung perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan dan menegakkan kedaulatan. Hal tersebutlah yang menjadikan Serangan Umum 1 Maret 1949 sebagai titik penting dalam perjalanan bangsa, yang kemudian kini telah resmi sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara seiring diterbitkannya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang penetapan 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara.

“Peristiwa bersejarah ini merupakan arti yang sangat luas sehingga perlu ditanamkan nilai-nilainya dalam menghadapi berbagai tantangan yang mengganggu kedaulatan negara. Yogyakarta sebagai Ibukota Negara dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX sebagai Raja Kraton Yogyakarta pada waktu memiliki peranan sangat penting dalam mendukung penegakan Kedaulatan Negara RI,” ujarnya dalam konferensi pers Hari Penegakan Kedaulatan Negara di Bale Tanjung Komplek Kepatihan, Selasa (29/02/2003).

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Dian Lakshmi Pratiwi SS., MA.menyampaikan sebagai Hari Besar Nasional, maka secara resmi akan diperingati dengan pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara di semua instansi/OPD di Pemda DIY, Pemkab dan Pemkot Yogyakarta.

Berlatar belakang hal tersebut, Kundha Kabudayan DIY bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat mengadakan peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara 2023. Adapun rangkaian kegiatan tersebut meliputi tirakatan, teatrikal, peluncuran buku dan talkshow.

“Dengan ditetapkannya peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara, kita semua berkewajiban untuk terus mengkaji dan mengedukasi masyarakat akan peristiwa tersebut dan menyebarluaskan temuan terbaru yang terkait,’ ujarnya,

Melalui peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara di tahun ini, Disbud DIY bersama-sama dengan Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat Indonesia salah satu aspek sejarah perjuangan mempertahankan negara yang masih jarang dibahas, yakni sisi diplomasi.

“Tiga provinsi ini memiliki kesejarahan yang saling terkait satu sama lainnya, dalam hal penegakan kedaulatan negara” imbuhnya.

Rangkaian kegiatan peringatan hari penegakan kedaulatan negara ini akan diawali dengan kegiatan tirakatan yang akan diselenggarakan di Plaza Monumen SO 1 Maret, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta pada pukul 19.00 WIB yang dihadiri Wakil Gubernur DIY serta di akhiri Pagelaran Wayang Kulit Mahabharata, oleh Ki Getar Pamudji Widodo, dengan lakon Babad Wanamarta

Sedangkan pada 1 Maret 2023 pukul 10.00 WIB akan dilaksanakan kolaborasi antara DIY, Bangka Belitung dan Sumbar . Kegiatan dilaksanakan bersama-sama secara hybrid dalam bentuk talkshow, teatrikal dan peluncuran buku. Lebih khusus dalam teatrikal akan ditampilkan penggalan sejarah dari mulai agresi Militer Belanda II pada 19 Desember 1948 dan penangkapan para pemimpin di Yogyakarta, masa selama pengasingan di Bangka Belitung , pembentukan Pemerintah Darurat RI dan perjuangannya.di Sumatera barat, Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta hingga kembalinya para pemimpin bangsa di Yogyakarta akan ditayangkan secara live dari masing-masing provinsi dan disiarkan melalui kanal youtube tasteofjogja.

Selain itu, rangkaian peringatan ini juga didukung agenda peringatan dari Kabupaten dan Kota, yang secara serempak menggelar berbagai aktifitas budaya dalam mensosialisasikan dan memaknai peringatan bersejarah Hari Penegakan Kedaulatan Negara ini yaitu :

Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menggelar kegiatan Fun Vlogger Run dalam rangkaian event Culture Fun Run yang menyusuri rute berlangsungnya peristiwa tersebut di 3 kawasan cagar budaya Yogyakarta, pada 5 Maret 2023
Dinas Kebudayaan Kab. Bantul menggelar pentas kolaborasi teatrikal, tari dan keroncong di Lapangan Bibis, Bangunjiwa, Bantul pada 3 Maret 2023. Lomba Baca Puisi Sejarah : Dari Serangan Umum 1 Maret Menuju Kedaulatan Bangsa.
Dinas Kebudayaan Kab. Sleman menggelar sosio drama, pameran lukisan dan mural di Museum Monumen Jogja Kembali pada 1 Maret 2023
Dinas Kebudayaan Kab. Kulonprogo menggelar talkshow :Semangat Juang Menegakkan Kedalatan Negara di Bumi Perkemahan Memorial Camp, Banaran Kidul, Sentolo, dengan menampilkan fragmen tari perjuangan dan pertunjukan seni tradisi pada 1 Maret 2023
Dinas Kebudayaan Kab. Gunungkidul menggelar sarasehan perjuangan. (HUMAS DIY)

Bagaimana kualitas berita ini: