26 Jul 2023
  Humas DIY Berita,

Diskusi Sejarah Melalui Bincang Raya #3

Yogyakarta (23/07/2023) jogjaprov.go.id - Dalam rangka mensukseskan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023 yang diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM), kembali diselenggarakan acara Bincang Raya #3 yang mengusung tema “Sejarah Kemerdekaan dan Korelasinya di Masa Sekarang.” Acara ini berlangsung pada hari Minggu, 23 Juli 2023 di Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo.

Bincang Raya #3 kali ini dihadiri oleh para pecinta sejarah sebagai teman bincang, diantaranya adalah Prof. Dr. Sri Margana, M.Hum. selaku sejarawan dan dosen Prodi Ilmu Sejarah Universitas Gadjah Mada, Dr. Mikke Susanto, S.Sn., M.A. selaku kurator seni dan Dosen Prodi Tata Kelola Seni Institut Seni Indonesia Yogyakarta serta Bapak Eko Isdianto, S.Sos. selaku Penggiat Sejarah Djogjakarta 1945.

Dr Mikke Susanto mengatakan, acara ini merupakan ajang diskusi untuk lebih mendalami lagi mengenai peristiwa-peristiwa sejarah kemerdekaan Indonesia dan untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai sejarah yang sudah terjadi di masa lampau dapat diterapkan di masa sekarang.

“Dalam hal ini peserta juga ikut bertukar pendapat dan tentunya mendapatkan wawasan berharga mengenai sejarah dari para teman bincang,” ungkap Dr Mikke.

Maya Dewi Setiawan selaku Director od Sales and Marketing RAY menuturkan, pada acara ini dilaksanakan pula pembagian Bendera Merah Putih kepada 19 pelaku usaha pada sektor pariwisata. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih yang dilakukan pada tanggal 1 Juni lalu bertepatan dengan Hari Kelahiran Pancasila. Melalui pembagian bendera ini, diharapkan para penerima bendera dapat memahami pesan yang disampaikan bahwasannya sejarah Indonesia sudah seharusnya disebarluaskan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan bangga terhadap tanah air Indonesia. (foto ist RAY)

 

Bagaimana kualitas berita ini: