25 Jan 2022
  Humas Berita,

Ditemukan 4 Kasus Probable Omicron di DIY

Yogyakarta (25/01/2022) jogjaprov.go.id – Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie, mengungkapkan hingga saat ini ada 37 sampel kasus Covid-19 di DIY yang tengah dalam proses pemeriksaan oleh FKKMK UGM dan BBTKLPP Yogyakarta. Dari total tersebut, terdapat 4 kasus yang hasil SGTF-nya (S Gene Target Failure) menunjukkan probable Omicron.

Menurut Pembajun, keempat kasus probable Omicron atas hasil SGTF tersebut adalah sampel kasus yang diperiksa oleh BBTKLPP Yogyakarta. Sementara itu, untuk meyakinkan apakah keempat sampel tersebut benar-benar positif Omicron, perlu menunggu hasil pemeriksaan WGS-nya (Whole Genome Sequencing). Hal ini disampaikan Pembajun, saat ditemui di Kompleks Kepatihan Yogyakarta pada Selasa (25/01).

“SGTF adalah salah satu sarana pemeriksaan sebelum dilakukan WGS, karena WGS membutuhkan waktu yang lebih lama. Kalau SGTF itu kan melihat protein dari sampel. Begitu masuk pemeriksaan WGS, baru bisa ditentukan bahwa protein yang ada itu adalah protein dari Omicron atau bukan,“ jelasnya.

Pembajun menambahkan, empat pasien yang berstatus SGTF probable positif Omicron tersebut, tidak ada yang menjalani perawatan di rumah sakit karena dikategorikan sebagai orang tanpa gejala (OTG).

Selain empat sampel probable Omicron tersebut, Pembayun juga menyebutkan bahwa 33 sampel lain yang dicurigai sebagai varian Omicron, masih dalam pemeriksaan di FKKMK UGM.

“Prokesnya dijalankan. Omicron cepat menularnya, bukan masalah keparahannya. Dawuhnya Pak Gubernur, Kabupaten/Kota diminta untuk mulai mengaktifkan kembali atau memonitor dan evaluasi isoman dan isoternya,” pesan Pembajun. (Han)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: