18 Mar 2024
  Humas DIY Berita,

DIY Akan Jadi Tuan Rumah ACT Alliance General Assembly 2024

Yogyakarta (18/03/2024) jogjaprov.go.id – Untuk pertama kalinya DIY akan menjadi tuan rumah ACT Alliance General Assembly 2024. Kegiatan ini merupakan forum pertemuan lembaga-lembaga gereja dunia yang bergerak pada pelayanan sosial yang bertujuan untuk menjalankan advokasi kemanusiaan dan isu-isu pembangunan.
Hal ini diungkapkan oleh Ketua Pengurus Yayasan Kristen Untuk Kesehatan Umum (YAKKUM) Pdt. Simon Julianto, usai bertemu dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Senin (18/03) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Simon mengatakan, Sri Sultan meminta agar aspek lokal perlu ditampilkan terutama kekhasan Yogyakarta pada kegiatan tersebut.

“Kami diminta agar dapat menampilkan kekhasan Jogja, karena aspek lokal juga penting untuk tampilkan, agar mereka dapat mengenal lebih dalam lagi tentang Jogja,” ungkapnya.

Simon menyampaikan, fokus kegiatan ini nantinya yaitu pada bantuan kemanusiaan, perubahan iklim, serta perdamaian dan keamanan untuk mendukung masyarakat lokal. Selain itu, juga ada beberapa kegiatan religi yang akan dilaksanakan di gereja cagar budaya Gondokusuman.

“Nantinya juga akan ada acara religius yang pusatnya di gereja cagar budaya. Di sana akan dilakukan berbagai tradisi seperti gamelan serta ritual-ritual yang sangat erat dengan tradisi Jogja yang dikemas dengan ibadah yang baik,” kata Simon.

Simon menuturkan, pihaknya telah melakukan persiapan mulai dari pembentukan panitia hingga rapat dengan beberapa pihak terkait. “Kemudian kami sekarang juga sedang proses penggalangan dana dan semoga pada pelaksanaannya bisa berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

Puncak kegiatan ACT Alliance General Assembly 2024 ini nantinya akan dilaksanakan di Hotel Ambarrukmo Yogyakarta. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 28 Oktober – 1 November 2024 dan dihadiri oleh 127 negara dengan total kurang lebih 400 peserta. (ham/jon/yd)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: