06 Mei 2023
  Humas DIY Berita,

DIY Diharapkan Jadi Ruang Belajar dan Mengabdi yang Berkesan

Sleman (05/05/2023) jogjaprov.go.id – Tour of Duty telah menjadi hal yang rutin dilakukan demi memelihara dinamika gerak maju menuju ke tataran yang lebih kualitatif, sekaligus momentum stick proof, evaluasi misi dan tugas yang telah dijalankan. Oleh karena itu, Yogyakarta pun diharapkan dapat menjadi ruang belajar dan mengabdi yang berkesan bagi para pemegang jabatan yang bertugas.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengungkapkan hal demikian pada Lepas Sambut Komandan Korem 072/Pamungkas, Jumat (05/05) di Ruang Edelweiss, The Rich Jogja Hotel, Sleman, Yogyakarta. Menggantikan Mayjen TNI Puji Cahyono, S.I.P., M.Si. yang kini menduduki jabatan baru sebagai Staf Ahli Panglima TNI Bidang Kawasan Khusus dan Lingkungan Hidup (Wassus dan LH), saat ini Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 072/Pamungkas resmi dijabat oleh Brigjen TNI Joko Purnomo. Adapun sebelumnya, Brigjen TNI Joko Purnomo menjabat selaku Direktur Umum (Dirum) Akmil.

“Bagi yang akan berpisah, tentu sarat kenangan selama bertugas. Sebagaimana dituturkan oleh Mayjen TNI Puji Cahyono, bahwa Yogya memang istimewa dalam berbagai hal. Untuk itu, semoga pengalaman suka-duka dalam menghirup udara Yogya itu, dapat dijadikan bekal berharga dalam mengemban jabatan lain di masa mendatang,” ujar Sri Sultan yang pada kesempatan tersebut hadir didampingi sang istri, GKR Hemas.

Disampaikan Sri Sultan, bagi warga Yogyakarta, Mayjen TNI Puji Cahyono adalah seorang pejabat TNI yang dekat dengan berbagai komponen masyarakat, sosok yang selalu membuka diri untuk berdialog. Melalui dialog inilah, koordinasi mengantisipasi masuknya gangguan keamanan dapat lebih mudah dilakukan.

“Mungkin itulah kesan yang mencitrakannya sebagai prajurit TNI yang tak terlalu menekankan pada security approach, tetapi lebih mengembangkan human approach, tanpa mengabaikan peraturan dan disiplin kemiliteran. Dengan demikian, kesan TNI adalah institusi yang ditakuti dan berdisiplin kaku, berangsur mencair dan makin dekat di hati masyarakat,” ungkap Sri Sultan.

Sri Sultan lebih lanjut menambahkan, secara umum, TNI telah bertransformasi dan mampu mewujudkan bagaimana disiplin yang diberi roh dinamika. Sehingga kesan menakutkan berubah menjadi ‘semedulur’, bahkan TNI menjadi mitra masyarakat.

“Itulah seni kepemimpinan TNI yang harus dikembangkan. Dengan visi dan prinsip seperti itu, tampaknya itulah yang selalu dijaga oleh Mayjen TNI Puji Cahyono selama bertugas di Yogyakarta. Seluruh masyarakat Yogyakarta berharap, semoga prestasi itu tidak hanya menjadi kenangan semata, tetapi untuk lebih dikembangkan dalam mengemban misi di pos penugasan yang baru,” kata Sri Sultan.

Sri Sultan pun menuturkan rasa terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada Mayjen TNI Puji Cahyono. Baik atas nama pribadi maupun mewakili Pemerintah Daerah DIY dan segenap warga DIY, Sri Sultan menyampaikan terima kasih atas pengabdian terbaik yang telah diberikan bagi Yogyakarta.

Sementara itu, kepada Brigjen TNI Joko Purnomo, Danrem baru yang akan bertugas, Sri Sultan berpesan agar proses dialogis dan partisipatif yang telah diletakkan oleh pendahulunya, dapat dipelihara dan dikembangkan. Hal tersebut, guna tetap menjamin kondisi stabilitas dinamis yang berkelanjutan.

“Kepada Brigjen TNI Joko Purnomo, kami berharap, agar tidak segan-segan untuk melakukan dialog, komunikasi, dan koordinasi dalam rangka menunaikan misi dan tugas bersama. Sehingga pada gilirannya, akan tercipta pula, iklim yang kondusif dalam menunjang proses pemulihan ekonomi dan menyongsong Pemilihan Serentak Tahun 2024. Jika kondisi ini bisa tercapai, berarti TNI pun telah berpartisipasi dalam mendukung tegaknya otonomi daerah yang luas, maju dan mandiri, yang berdampak positif terhadap peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat,” jelas Sri Sultan.

Pada kesempatan tersebut, Mayjen TNI Puji Cahyono mengungkapkan, dirinya sangat bersyukur telah diberikan kesempatan menjabat sebagai Danrem. Ketugasan sebagai Danrem ini diemban Mayjen TNI Puji Cahyono selama satu tahun kurang 6 hari, yakni sejak 10 Mei 2022 sampai dengan 4 Mei 2023.

Dikatakan Mayjen TNI Puji Cahyono, kesempatan untuk melaksanakan ketugasannya yang baru di Mabes TNI tak lepas dari berkat Gubernur DIY. Bimbingan, hal-hal baik, dan arahan yang telah diberikan Gubernur DIY kepada dirinya dan Forkopimda DIY pun akan selalu diingat dan dibawa dalam melaksanakan tugas barunya.

Selain itu, Mayjen TNI Puji Cahyono pun mendoakan, Yogyakarta dapat terus berkembang lebih baik dan lebih sejahtera. Dirinya juga yakin, kehadiran Brigjen TNI Joko Purnomo sebagai Danrem baru dapat membantu mewujudkan hal tersebut.

“Saya mohon maaf apabila dalam pergaulan, saya dan keluarga mungkin ada kata-kata yang kurang berkenan. Saya mohon doa restu. Semoga saya bisa melaksanakan tugas di tempat yang baru di Mabes TNI,” tutur Mayjen TNI Puji Cahyono.

Brigjen TNI Joko Purnomo yang menjabat sebagai Danrem 072/Pamungkas ini turut menyampaikan rasa terima kasih sebanyak-banyaknya atas penerimaan dirinya di DIY. ‘Terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas penerimaan kami. Kami mohon bimbingan petunjuk dan arahan agar dapat menjalankan tugas dengan baik,” ujar Brigjen TNI Joko Purnomo. (Han/Kbs/Sd)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: