07 Apr 2011
  Humas Berita,

DIY Peringati HUT GOPTKI Ke-54

KEPATIHAN YOGYKARTA (06/04/2011) jogjaprov.go.id - Pendidikan yang bermutu akan sangat menentukan keberhasilan dalam mencerdaskan bangsa khususnya pada anak usia dini, mengingat implikasinya pada kualitas sumber daya manusia nantinya. Sehingga mengembangkan potensi kecerdasan anak pada usia dini, juga akan membentuk karakter bangsa dan mendorong pembentukan generasi muda yang berkualitas dan kemampuan tinggi.

Demikian ditegaskan Gubernur DIY Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Bidang Perencanaan dan Stadarrisasi, Dinas Pendidikan dan Olahraga DIY, Drs. Suroyo pada HUT Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) ke-54 Tingkat DIY, di Gedung Unit VIII, Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (06/04).

 

Dikatakan Gubernur, ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah semakin maju, bahkan anak-anak dalam belajarpun juga disediakan produk-produk teknologi, maka dengan adanya kemajuan di bidang teknologi ini sangat penting jika anak-anak diberi dasar iman dan akhlak mulia sehingga tidak terjerumus ke hal-hal yang berdampak negatif.

 

Kreatifitas dan kecerdasan memang sangat penting, tetapi jangan lupa terhadap kepekaan sosial agar tidak individualistis. Pengembangan karakter anak dengan teknologi maju jangan sampai mencabut sikap anak-anak dari akar budaya dan lingkungan setempat, sebab karakter anak dapat dibentuk dengan tetap konsisten pada nilai-nilai agama, tandasya.

 

Menurut Gubernur, karakter anak yang peduli lingkungan sangat penting, agar mereka bisa tumbuh berkembang dengan watak anak yang terbentuk melalui kehidupan sehari-harinya, sehingga kerusakan alam yang di akibatkan oleh ulah manusia di masa depan sudah tidak ada lagi. Karena ada generasi yang sudah peduli terhadap lingkungan.

 

Anak sejak dini harus sudah dikenalkan dengan lingkungan sekecil apapun, karena jika sejak dini anak sudah diarahkan bagaimana cara membuang sampah dan bagaimana cara menanam pohon agar lingkungan sehat dan segar. Dengan kebiasaan-kebiasaan inilah nantinya akan membentuk karakter anak yang bisa peduli lingkungan, tutur Gubernur.

 

Sementara Ketua GOPTKI DIY Dra. Nuri Tri Harjun membacakan sambutan tertulis Ketua DPP GOPTKI mengatakan, kredibilitas Indonesia di mata dunia dikarenakan karakter individu belum bisa dibentuk. Maka pendidikan anak usia dini akan bisa membangun karakter anak secara individu, untuk itu diharapkan, program-program pemerintah agar bisa meningkatkan pendidikan.

 

Sebagai lembaga penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini perlu dukungan dari pemerintah. GOPTKI sangat memperhatikan perkembangan anak sesuai dengan layanan yang ditunjang dengan kemajuan teknologi, katanya.

 

Ditambahkan, GOPTKI selalu mengupayakan generasi penerus yang akan memimpin dan meneruskan estafet penyelenggaraan pemerintah, sebab generasi penerus sangat menentukan pembangunan masa depan bangsa, yang implementasinya dilaksanakan oleh para guru sebagai ujung tombak. Karenanya GOPTKI berupaya menghindari dan membangun kembali kemerosotan yang terjadi di masyarakat melalui Pendidikan Anak Usia Dini.

 

Melalui Pendidikan Anak Usia Dini, kita bangun karakter bangsa melalui sekolah maupun lingkungan di rumah dan masyarakat, terangnya. (skm/***)

 

HUMAS Ro UHP DIY

Bagaimana kualitas berita ini: