28 Apr 2023

DIY-Shanghai Tegaskan Kembali Kerja Sama Persahabatan

Yogyakarta (28/04/2023) jogjaprov.go.id - Pj. Sekretaris Daerah DIY, Wiyos Santoso menerima kunjungan Wali Kota Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Gong Zheng beserta rombongan pada Jumat (28/04). Pertemuan singkat yang diadakan di Ndalem Ageng, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta ini guna membahas kelanjutan dari kerja sama kedua belah pihak ke depannya.

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DIY, Agus Priono yang turut hadir saat pertemuan mengatakan, pada pertemuan kali ini, kedua daerah telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang yang diyakini akan membawa kemajuan bagi kedua daerah.

"Kedua pihak setuju untuk melanjutkan kerja sama persahabatan yang telah dijalin sejak ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara Pemerintah Daerah DIY dan Pemerintah Kota Shanghai tentang Kerja Sama Persahabatan dan Pertukaran pada 12 April 2016 lalu. Naskah perjanjian tersebut sebenarnya sudah kedaluwarsa pada tahun 2021 yang lalu," ungkap Agus usai pertemuan.

Dijelaskan Agus, pandemi COVID-19 membuat upaya untuk memperbaharui perjanjian kerja sama ini menjadi tertunda. Dam baru pada tahun ini, dapat dilakukan penandatanganan reafirmasi kerja sama yang berlaku hingga lima tahun mendatang. Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wali Kota Shanghai, Gong Zheng.

"Ada lima area kerja sama yang tercakup dalam nota kesepahaman ini, yaitu bisnis, perdagangan, dan teknologi; pariwisata; kebudayaan; pendidikan; dan pemeliharaan lingkungan hidup dan pengelolaan area hijau dan tata kota. Pemda DIY berharap agar perjanjian kerja sama yang ditandatangani oleh kedua belah pihak ini dapat benar-benar diimplementasikan dalam kegiatan nyata sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat di kedua daerah," paparnya.

Agus menambahkan, dalam lawatannya selama dua hari ke DIY, pada 27–28 April 2023 ini, selain melakukan pertemuan terkait kerja sama persahabatan dengan Pemda DIY, Wali Kota Shanghai beserta delegasi juga dijadwalkan berkunjung ke Candi Prambanan dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Selain Agus, turut hadir dalam pertemuan kerja sama ini, Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi.

Sebagai informasi, Shanghai adalah satu dari empat munisipalitas (kota dengan administrasi khusus setingkat provinsi) di RRT dengan penduduk lebih dari 25 juta orang. Shanghai merupakan kota terbesar di RRT dan menjadi salah satu pusat perdagangan, investasi, dan keuangan utama negara tersebut. (Rt/Alh/Wa)

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: