19 Mei 2023
  Humas DIY Berita,

DIY – Universitas Sogang Akan Kerjasama Optimalkan Sains dan Teknologi

Yogyakarta (19/05/2023) jogjaprov.go.id – Menyandang julukan sebagai kota Pendidikan, DIY meraih atensi Universitas Sogang, Seoul, Korea Selatan untuk bekerjasama megembangkan pendididikan dengan lebih masif. Universitas Sogang berencana memfokuskan pengembangan sains dan teknologi secara optimal, bukan hanya berbentuk prasarana, namun juga SDM.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menyambut baik ajakan kerjasama dari Universitas Sogang tersebut. Sri Paduka yang menerima audiensi Universitas Sogang pada Jumat (19/05) di Ndalem Ageng, Kompleks Kepatihan ini mengatakan, sangat terbuka dengan kerjasama di bidang pendidikan ini.

“Ada banyak hal yang bisa digali dan dikerjasamakan di sini. Terutama untuk pengembangan pendidikan, tentu saya sangat menyambut baik,” ujar Sri Paduka.   

Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) DIY Beny Suharsono yang mendampingi Sri Paduka turut menuturkan, ada 5 program besar yang akan dijalankan. Pertukaran pelajar, pertukaran pengajar, pertukaran sistem pendidikan, pendidikan menengah atas dan mendirikan pusat riset tentang sains, matematika, engineering dan art untuk jangka panjang kerjasama.

“Kita sudah sepakati untuk menindaklanjuti secara profesional agar terwujud kerjasama ini. Tentu ini harus segera dilaksanakan dan akan secara teknis ditangani oleh Dinas Pendidikan dibantu oleh Dinas Kebudayaan dan oleh DPPM yang nanti akan merangkai kerjasama antar Universitas Sogang dengan Pemda DIY,” kata Beny.  

Beny menjelaskan, tidak ragu untuk bekerjasama dengan Korea Selatan, sebab sudah terbukti tiap kerjasamanya bisa dikatakan berhasil. Program Saemaul Undong menjadi salah satu bukti nyata. Beny mengatakan, hal itu mempermudah, karena bukan tidak mungkin untuk bisa memperluas kerjasama yang tidak hanya berupa konsepsi semata namun juga real.

“Mereka ingin menimba mengenai local government di DIY. Mereka sangat tertarik penyelenggaraan pemerintah di DIY. DIY juga welcome karena sudah dua kali kerjasama terbukti tidak hanya konsepsi tapi sudah real. Kerjasama harus bermanfaat untuk kedua belah pihak dan bagi DIY juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” jelas Beny.

Professor Kwanwoo Shin dari Department of Chemistry and Institute of Biological Interfaces, Sogang University Korea mengungkapkan, sebelumnya sudah memulai kerjasama dengan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta selama 6 tahun. Meskipun telah masuk ke DIY selama 6 tahun, namun menurut Shin, kerjasama baru terjalin antar college to college.  

“Kami menyadari membutuhkan kerjasama yang lebih dari sekedar kerjasama antar kampus saja terutama untuk pengembangan sains, keilmuan, teknologi, engineering dan matematika. Dan Yogyakarta memang memiliki potensi untuk itu. Long Project kami nanti juga akan kami kerjakan di sini untuk emmbangun Science and Technology Center bersama DIY,” paparnya.

Sebagai tahap awal kerjasama, Shin mengatakan akan membuktikan kepada DIY dan pemerintah Korea dan pihak-pihak terkait mengenai keseriusan Universitas Sogang melalui kemasifan penyelenggaraan pendidikan. Dua atau tiga tahun mendatang saat kerjasama telah berlangsung, pihaknya akan melakukan beberapa tahapan terkait persiapan fasilitas Science and Technology Center ini.

“Kami sangat mengapresiasi bahwa ternyata apa yang kita lakukan dan kemudian apa yang DIY niatkan juga untuk melakukan pengembangan pendidikan ini ternyata inline,” tutup Shin. (uk/rd/wpt)

Humas Pemda DIY



Bagaimana kualitas berita ini: