22 Mar 2022
  Humas Berita,

Donor Darah Sambut Hari Kartini Tingkat DIY Lampaui Target

Sleman (22/03/2022) jogjaprov.go.id. – Berbagai kegiatan diselenggarakan dalam rangka menyambut Peringatan Hari Kartini Pemerintah Daerah DIY, seperti kegiatan bakti sosial yang digelar di Hargomulyo, Gedangsari pada Sabtu (19/03) kemarin. Dengan mengusung tema 'Berdaya, Berkarya di Masa Pandemi Perempuan Tangguh Untuk Indonesia Maju', hari Selasa ini (22/03) Panitia Hari Kartini menyelenggarakan Donor Darah dengan leading sector Bhayangkari Polda DIY di Mapolda DIY di Jalan Lingkar Utara Condongcatur, Kabupaten Sleman, DIY.

Menurut Ketua Umum Panitia Peringatan Hari Kartini tahun 2022 Tingkat DIY yang juga selaku Ketua Bhayangkari Polda DIY Ny. Dhani Asep Suhendar menuturkan bahwa tujuan diselenggarakannya Donor Darah menyambut hari Kartini tersebut adalah dalam rangka memenuhi  ketersediaan akan darah menjelang bulan Ramadhan mengingat di bulan puasa kebutuhan akan darah tinggi. “Di situasi seperti ini darah memang sangat dibutuhkan dan pola pikir kami dalam memasuki Bulan Puasa ketersedian/stok darah akan berkurang,” tandas Ny. Dhani.

Lebih lanjut Ketua Bhayangkari Polda DIY mengatakan bahwa donor darah ini dapat terlaksana atas kerja bersama 5 unsur Organisasi Wanita di DIY (Bhayangkari, Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW), Dharma Pertiwi, Dharma Wanita Persatuan, dan Tim Penggerak PKK se-DIY). Target donor darah yang semula hanya 100 orang pendonor ternyata  melebihi  apa yang ditargetkan panitia menjadi 248 orang dan yang bisa diambil darahnya sebanyak 212 pendonor. Semula setiap Orgasisasi Wanita di DIY diharapkan hanya mengirimkan 20 pendonor, ternyata pada kenyataannya mengirimkan lebih dari target. Dari Bhayangkari mengirimkan hingga 50 anggotanya yang juga didukung oleh polwan dan polisi. Bahkan hingga pukul 11.00, masih banyak pendonor yang berdatangan.

Di akhir penjelasannya di sela-sela memantau pelaksanaan donor darah, Ketua Umum Panitia Hari Kartini DIY mennyatakan “Dengan setetes darah bisa menyelamatkan banyak orang, untuk itu kegiatan seperti ini kita lakukan."

Bakti Sosial Donor Darah dalam rangka Peringatan Hari Kartini Tingkat DIY Tahun 2022 tersebut juga bekerjasama dengan dari Rumah Sakit Pusat Umum dr. Sardjito, Yogyakarta. (kr)

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: