05 Jul 2022

Emban Tugas Selaras dengan Kemajuan Iptek

Yogyakarta (05/07/2022) jogjaprov.go.id - Modal awal yang harus dimiliki Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) sebagai calon Perwira Remaja adalah kapasitas dan integritas pribadi yang handal dan tangguh. Dengan kemampuan tersebut, diharapkan mereka mampu mengemban tugas selaras dengan kemajuan iptek.

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X saat membacakan sambutan Gubernur DIY pada acara Pamitan Taruna AAU Tingkat IV dan Wisuda Sarjana AAU Tahun 2022. Bertempat di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta pada Selasa (05/07), Sri Paduka mengatakan, sebagai lulusan akademi, para Taruna jelas telah dibekali berbagai keahlian.

“Para Perwira Remaja AU adalah penerus tradisi keprajuritan dan kejuangan TNI-AU dalam rangka mempertahankan dan menjaga kedaulatan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Tentu mereka telah dibekali berbagai materi disiplin ilmu, praktek lapangan, dan pembinaan mental kejuangan, yang bertujuan membentuk perwira yang profesional, berbudi luhur, dan berkepribadian tangguh,” ungkap Sri Paduka.

Sri Paduka mengungkapkan, calon Perwira Remaja AAU juga haruslah memiliki visi dan konsep, serta mampu memberi motivasi sebagaimana wujud figurasi ‘Burung Garuda’, lambang keperwiraan di udara. Mereka diharapkan mampu menghadapi berbagai kondisi yang semakin kompleks di masa kini dan masa depan.

“Hal ini sesuai khittah-nya yang dilambangkan oleh posisi Burung Garuda yang menoleh ke timur, ke arah terbitnya matahari. Artinya, menyongsong kehidupan baru yang diwarnai oleh pesatnya iptek mutakhir, sehingga siap menghadapi electronic warfare dalam proxy war yang nir kasat mata dengan menggunakan tangan-tangan pihak ketiga,” jelas Sri Paduka.

Menurut Sri Paduka, untuk dapat melaksanakan tugas-tugas pokoknya, para Perwira harus mampu menyinergikan kemampuan, profesionalitas, loyalitas dan soliditas secara tepat dan benar, dengan mengedepankan falsafah duty, honour, country. Selain itu, Perwira juga harus tetap dekat dan mencintai rakyat, serta terus berjuang untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Dengan harapan seperti itulah, saya ucapkan selamat kepada para Taruna AAU atas keberhasilannya dalam menyelesaikan pendidikan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa berkenan melimpahkan berkah dan rahmat-Nya, sehingga para Perwira Remaja dapat menjalankan tugas dengan penuh integritas, didukung oleh profesionalitas yang handal,” imbuh Sri Paduka.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur AAU Yogyakarta, Marsma TNI Palito Sitorus mewakili GUbernur AAU Yogyakarta mengatakan, para calon Perwira Remaja TNI AU yang berpamit kali ini telah menyelesaikan pendidikan di AAU Yogyakarta. Kelulusan mereka ditandai dengan upacara penutupan pendidikan dan wisuda sarjana pada 28 Juni 2022.

“Selanjutnya mereka akan dilantik dan diambil sumpah menjadi perwira TNI AU, bersama rekan-rekan dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut dan IPDN pada 14 Juli 2022 oleh Presiden RI di Istana Merdeka, Jakarta,” ungkapnya.

Menurut Palito, selama kurang lebih empat tahun membaur dan bersosialisasi dengan masyarakat DIY, para calon Perwira Remaja TNI AU ini tentu akan mengenang DIY, paling tidak karena dua alasan. Alasan pertama, karena Yogyakarta sebagai kota wisata, sejarah dan budaya, di mana adat, budaya, etika, susila dan tata krama dijunjung tinggi. Alasan kedua, brand kota Yogyakarta sebagai kota pelajar, membuat banyak orang berbondong-bondong menuntut ilmu di Yogyakarta, termasuk para calon Perwira Remaja TNI AU ini.

“Mewakili para calon Perwira Remaja, kami menyampaikan permintaan maaf jika selama bersosialisasi melakukan kesalahan, baik sikap maupun tutur kata. Semoga para calon Perwira Remaja ini senantiasa diberi kekuatan lahir dan batin, sehingga mampu melaksanakan tugas berikutnya,” imbuhnya. (Rt/Ts/De)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: