14 Mar 2018
  Humas Berita,

FAJI DIY Perlu Tingkatkan Kualitas dan Kontinuitas

Yogyakarta (14/03/2018) jogjaprov.go.id – Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) DIY diimbau untuk terus meningkatkan kualitas dan kontinuitas dalam mengadakan kegiatan olahraga arung jeram di DIY. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X saat audiensi dengan FAJI DIY di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (14/03).

“Saran saya, terus buat event  agar terus ada kontinuitas dari tahun ke tahun. Selain itu, perlu adanya  peningkatan kualitas dari kegiatan ‘Festival dan Eksplorasi Sungai Progo 2018’ yang diinisiasi FAJI DIY, PODSI DIY, dan Brimbo. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan eksistensi FAJI,” kata Wagub DIY.

KGPAA Paku Alam X menyampaikan, hal yang paling mendasar adalah bagian dari memulai sesuatu, mendesain, dan memelihara. Menurut Wagub, ketiga hal tersebut akan menjadi tantangan bagi FAJI. “Saya mengira, kesulitan yang paling mendasar itu biasanya bagaimana memulai sesuatu, lalu mendesain, dan memelihara. Dan itu hanya bisa dilakukan secara bertahap,” jelas Wagub.

Wagub juga berharap, kendala-kendala yang menghambat rencana FAJI dalam ‘Festival dan Eksplorasi Sungai Progo 2018’ jangan dijadikan suatu hambatan dalam menyelenggarakan kegiatan. “Jangan sampai keterbatasan berupa fasilitas maupun peralatan yang mahal menjadi hambatan untuk melaksanakan event. Fasilitas tidak serta merta menjadi pedoman pokok untuk membuat kegiatan menjadi lebih baik,” jelas KGPAA Paku Alam X.

Wagub kembali menekankan, kontinuitas event dari FAJI DIY kemungkinan bisa menarik Dinas Pariwisata DIY, Dispora DIY, maupun dana Corporate Social Responsibility (CSR).  Event tersebut menurut Wagub turut menyumbang kegiatan cabang olahraga Arung Jeram bagi DIY, peduli merawat sungai, dan bisa menggaet wisatawan.  

“Jika kualitas bisa terus dipertahankan, Dinas Pariwisata DIY, Dispora DIY, maupun dana CSR bisa turut serta membantu. Yang terpenting kalian berkumpul dengan orang-orang yang mencintai sungai dan yang ingin merawat sungai. Yang terpenting itu tadi, kontinuitas kegiatan dan selalu meningkatkan kualitas,” kata Wagub.

Sementara, Ketua FAJI DIY Hendra menjelaskan, audiensi ini sebagai wujud silaturahmi kepada Wakil Gubernur DIY sekaligus menginformasikan kegiatan ‘Festival dan Eksplorasi Sungai Progo 2018’ yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 19-24 Maret 2018 di Sungai Progo DIY.  “Kegiatan itu sebagai langkah awal dalam pengambilan data potensi-potensi yang ada di Sungai Progo seperti potensi transportasi sungai, ekonomi, wisata alam, sungai, kuliner, potensi budaya, sosial masyarakat, dan potensi arung jeram serta dayung,” ucap Hendra.

Selain dari Federasi Arung Jeram Indonesia DIY, turut hadir mendampingi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Istimewa Yogyakarta. (rk)

HUMAS DIY.

Bagaimana kualitas berita ini: