23 Jan 2021

Gedung Baru Dorong Pelayanan Lebih Baik

Bantul (23/01/2021) jogjaprov.go.id - Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji mewakili Gubernur DIY menghadiri Peresmian Gedung Berbasis SBSN dan Pembinaan ASN di PLHUT Kemenag Kabupaten Bantul pada Sabtu (23/01). Dengan dibangunnya 11 gedung baru di lingkungan Kementerian Agama DIY ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat DIY.

"Pemda DIY tentu memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Kementerian Agama RI, khususnya Kanwil Kementerian Agama DIY yang sudah berhasil menyelesaikan pembangunan beberapa gedung di kabupaten/kota di DIY. Kami tentu turut merasa bangga dan bahagia karena dengan selesainya pembangunan beberapa gedung baru ini tentu akan menambah kualitas pelayanan menjadi semakin baik," ungkap Aji.

Tak hanya pada kualitas pelayanan, menurut Aji, gedung baru juga dapat memiliki pengaruh bagi para pegawai yang bekerja di lingkungan Kementerian Agama DIY. Tentu para pegawai akan semakin bersemangat untuk memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat DIY.

Dalam serangkaian pembangunan kali, juga dilakukan pembangunan gedung-gedung di Madrasah. Untuk itu Aji berharap Madrasah di DIY akan lebih mampu memberikan layanan pendidikan yang baik. Dengan begitu, Madrasah mampu meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik, sehingga Madrasah bisa memberikan kontribusi yang lebih banyak lagi pada masyarakat DIY dalam rangka untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Karena dengan pendidikan, khususnya di Madrasah, tentu akan menambah kualitas pendidikan yang selama ini di DIY sudah dikenal cukup baik, menjadi semakin baik lagi. Dengan gedung yang baru pula akan membuat anak-anak semakin senang belajar dan tentu saja belajar dengan senang," imbuhnya.

Selain itu, pembangunan di beberapa Kantor Urusan Agama di beberapa kecamatan di DIY, menurut Aji juga akan membuat masyarakat mendapat pelayanan lebih baik saat menikah karena gedung yang lebih representatif. "Apalagi kita juga akan melihat peresmian PTSP (Pusat Terpadu Satu Pintu) yang akan membuat urusan mengurus perizinan menjadi lebih mudah dan mendukung pelayanan di semua bidang urusan keagaman jadi lebih mudah dan tepat. Harapannya, hal ini juga bisa mendukung pelayanan dalam pemerintahan di DIY, karena yang dilayani tentu masyarakat DIY," kata Aji.

Peresmian gedung-gedung ini dilakukan secara langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Nizar, M.Ag. Dalam laporannya, Kepala Kanwil Kemenag DIY, Edhi Gunawan memaparkan, 11 gedung yang diresmikan kali ini ialah dua gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu yakni di Bantul dan Gunungkidul, enam gedung KUA yang mencakup balai nikah dan manasik haji di kabupaten Bantul, Kulon Progokp dan Gunungkidul, dan gedung pendidikan di tiga madrasah di DIY.

"Selama 2020 Kanwil Kemenag DIY mendapat kepercayaan untuk melakukan semua pembangunan ini. Total nilai pagu yang didapat mencapai Rp36,303miliar yang bersumber dari Kementerian Agama RI. Alhamdulillah seluruh pembangunan berjalan lancar dan sesuai target, tentu dengan mematuhi protokol kesehatan karena pandemi CoViD-19," jelasnya. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: