31 Jan 2023
  Humas DIY

GKR Hemas Ajak Masyarakat Ramaikan TRAVEX ATF 2023

Yogyakarta (26/01/2023) jogjaprov.go.id – Travel Exchange (TRAVEX) akan menjadi salah satu agenda utama dalam gelaran Asean Forum Tourism (ATF) 2023 yang dilaksanakan di Yogyakarta mendatang. Agenda ini juga sekaligus menjadi momen berharga bagi seluruh masyarakat untuk turut hadir meramaikan dan menyaksikan keragaman destinasi pariwisata, produk UKM, dan ekonomi kreatif dari seluruh nusantara.

Hal tersebut disampaikan oleh istri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, GKR Hemas pada Kamis (26/01) saat mengajak masyarakat ASEAN untuk turut meramaikan TRAVEX di ATF 2023. TRAVEX, trade-only mart yang menampilkan kontingen produk dan layanan tujuan wisata dan perjalanan ASEAN terbesar di dunia, serta memfasilitasi penjualan, pembelian, dan promosi kawasan secara internasional.

GKR Hemas menuturkan bahwa terdapat tiga agenda penting bagi sektor pariwisata dan masyarakat dalam program TRAVEX, yaitu Pameran Pariwisata Indonesia, Festival Kuliner, dan Pameran UMKM Ekonomi Kreatif.

“Ayo semua datang ke Yogyakarta, ramaikan dan hadirilah TRAVEX di Jogja Expo Center dari tanggal 2-5 Februari mendatang,” ajak GKR Hemas.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh GKR Hemas, Direktur MICE (Meeting, Incentive, Convention & Exhibition) Kemenparekraf, Iyung Masruroh juga turut mengajak masyarakat turut berpartisipasi dalam acara yang akan dibuka resmi oleh istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nur Asia Sandiaga Uno bersama Istri Gubernur DIY, GKR Hemas dan GKBRAyA Paku Alam serta didatangi lebih dari 30 negara berlangsung di Bima Hall A, Jogja Expo Center (JEC).

Lebih lanjut, GKR Hemas berharap masyarakat juga akan berkunjung dalam Festival Kuliner dan Pameran UMKM Ekonomi Kreatif yang akan menampilkan berbagai aktivitas promosi dan budaya. Demo Membatik, Pembuatan Wayang dari kulit dan suket (rumput), melukis caping (topi tradisional petani indonesia), melukis tas anyaman, pembuatan keramik dari tanah liat, Pameran kuliner Nusantara (cooking demo dan food tasting), serta pameran minuman dan makan tradisional yang eksotik dan lain-lain. Festival yang digelar di JEC ini rencananya akan berlangsung pada pukul 10.00 – 20.00 WIB.

Menurut Iyung, acara Pameran Pariwisata Indonesia di TRAVEX juga akan memberikan kesempatan bagi Pemda, industri pariwisata daerah untuk meningkatkan kembali penjualan pasca pandemic Covid-19. Peserta Pameran Pariwisata Indonesia meliputi Pemerintah Daerah, desa wisata, DMC, DMO, Industri perjalanan dan pariwisata, jaringan hotel lokal dan nasional, akomodasi, platform penjualan, maskapai penerbangan, asosiasi pariwisata, portal transportasi daring dan lain-lain.

Guna mempersiapkan penyelenggaraan terbaik untuk ATF 2023, Pemerintah Kota Yogyakarta terus menyelesaikan persiapan dan berkoordinasi dengan berbagai pihak. Dengan begitu, acara yang akan dihadiri oleh ribuan pengunjung dan delegasi akan berjalan lancar. (mil)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: